Peningkatan Keterampilan Dalam Pelayanan Terhadap Masyarakat

1
170

IMG_2479BATAM – Untuk meningkatkan keterampilan PNS khususnya yang berada pada garis terdepan (front liner) dalam penyediaan layanan publik kepada masyarakat, Pemerintah Kota Batam melalui Badan Kepegawaian dan Diklat bekerjasama dengan QA Global Komunika Jakarta menyelenggarakan Training Power Comunication (public speaking). Pelatihan ini berlangsung di Vista Hotel selama dua hari terhitung 16-17 Juni 2009 dan diikuti sebanyak 70 orang peserta dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemerintah Kota Batam.

Agus Hartoyo, selaku ketua panitia penyelenggara dalam laporannya menyampaikan bahwa sasaran dari pelatihan ini adalah terwujudnya pegawai  yang memiliki sikap dan perilaku sebagai pelayanan masyarakat, kemampuan profesional dan berkompeten sehingga dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawab yang diberikan kepadanya dapat terlaksana secara efektif dan efisien.

Tenaga pengajar berasal dari trainer  QA Global Komunika Jakarta  menyajikan berbagai materi pelatihan terkait dengan upaya menumbuhkan rasa percaya diri dalam memberikan pelayanan prima (service excellent), yang merupakan pengembangan dari kodrat  manusia sebagai mahkluk komunikasi, kendala fisik berkomunikasi dan materi lainnya.

Sementara Asisten Administrasi Umum, Maaz Ismail, SIP, M.Si, yang hadir  mewakili Walikota Batam yang mengemukakan aspek pelayanan sebagai tugas setiap pegawai dalam struktur kelembagaannya masing-masing sudah menjadi sebuah keharusan dan “Lagi-lagi soal pelayanan” kita sejatinya sudah berada pada jalur yang menjadikan masyarakat sebagai mitra layanan sehingga sebagai mitra yang baik aspek kepuasan dari kedua pihak menjadi output yang terukur dari pelaksanaan tugasnya, ujarnya ketika membuka acara pelatihan tersebut.

Sejauh ini kita masih banyak menerima komplain dari ketidakpuasan masyarakat terhadap pelayanan yang kita berikan. Hal ini mengindikasikan aparat pelayanan kita yang berada pada lini terdepan belum bekerja melayani secara optimal, masih bermental dilayani bukan melayani . Paradigma yang seperti ini harus dirubah, setiap PNS harus melayani dengan ikhlas, senyum dan memiliki ferpormance yang menarik disertai sopan santun dan ucapan yang baik ujarnya lebih lanjut.

Tampak hadir pada pembukaan pelatihan tersebut antara lain Kadis Kebersihan dan Pertamanan Azwan, Staf Ahli Pemko Batam Yusron Roni dan Makmur, beberapa kepala SKPD dan Camat Kota Batam.

(*hmscrew)

1 COMMENT

  1. Pak Walikota & Wawako serta Pak Camat seluruh Batam Yth.

    Saya senang tapi ada sedihnya,usaha Bapak2 selaku pimpinan untuk menciptakan pegawai yang terampil dalam melayani masyarakat.,karena masih banyak para pegawai TIDAK mencerminkan pegawai kantoran ( kantor Camat ) padahal disitu jelas ada masyarakat yang sedang ada urusan.
    Kok malah asyik main handphone ( ringtone ), ketawa ketiwi,saya sedihnya karena banyak sudara2 saya ingin menjadi pegawai negeri (susahnya minta ampun) kalo kerjanya cuman itu banyak sekali masyarakat yg bisa lebih baik dari itu.tolong pak camat/ibu camat kontrol pegawainya,kasihan NAMA BAPAK JUGA yang JELEK.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here