Serap Aspirasi Masyarakat Melalui Musrenbang Tingkat Kelurahan

Share

BATAM- Terhitung Selasa (19/1) hingga Selasa (16/2) mendatang akan dilaksanakan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat kelurahan. Musrenbang ini diselenggarakan dalam rangka untuk menyusun program pembangunan yang diserap melalui masukan dari masyarakat. Melalui Musrenbang tingkat kelurahan ini, masyarakat yang berada di wilayah administrasi kelurahan mulai dari perangkat RT/RW, tokoh masyarakat hingga warga diharapkan dapat menyampaikan aspirasinya melalui kegiatan ini. Mengenai waktu dan tempat pelaksanaan Musrenbang akan ditentukan oleh masing-masing kelurahan.

“Kegiatan Musrenbang ini guna menyerap aspirasi masyarakat untuk kepentingan penyusunan program kegiatan untuk anggaran 2011 mendatang,” kata Kabag Humas Pemko Batam, Yusfa Hendri di ruang kerjanya.

Usai pelaksanaan Musrenbang tingkat kelurahan, pada Kamis (8/2) akan dilaksanakan Musrenbang tingkat Kecamatan. Pada Musrenbang tingkat kecamatan ini merupakan tahapan lanjutan dari Musrenbang Tingkat Kelurahan. Ditahap ini berbagai usulan aspirasi masyarakat yang telah disampaikan melalui kelurahan kembali dipadu serasikan dengan rencana pembangunan di tingkat kecamatan. Tahapan ini juga merupakan sinkronisasi rencana program antar kelurahan dalam 1 kecamatan

“Pembahasan biasanya juga dihadiri oleh unsur SKPD terkait untuk mulai mengsingkronkan dengan perencanaan Dinas/ Instansi,” katanya singkat.

Usai kegiatan Musrenbang tingkat Kecamatan, dilanjutkan kegiatan Musrenbang antar forum SKPD yang dilaksanakan selama dua hari, dari 3 Maret sampai 5 Maret 2010. Pada forum SKPD ini, masing-masing unit kerja akan menyampaikan program usulan kegiatan pada tahun 2011 mendatang. Kemudian dilanjutkan dengan Musrenbang Tingkat Kota pada Rabu (17/3) hingga Jumat (19/3). Pada Musrenbang tingkat kota ini seluruh aspirasi yang disampaikan oleh masyarakat melalui kelurahan dan telah disinkronkan melalui Musrenbang tingkat Kecamatan akan dibahas lebih lanjut. Musrenbang Tingkat Kota ini akan dibuka langsung oleh Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan dan dihadiri oleh BP Kawasan/OB, DPRD Batam, tokoh masyarakat serta pihak dari Provinsi Kepri. (crew_humas/dv)

Tweet

Leave a Reply

Galeri Foto

Switch to our mobile site

Log in -