BATAM – Satu even yang merakyat dengan mengangkat berbagai permainan rakyat dalam satu lokasi menjadi salah satu daya tarik tersendiri ditengah berbagai even dalam menyambut peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2009 ini di Batam. Berbagai kegiatan dan permainan yang disuguhkan selama satu minggu penuh mulai 11 hingga 17 Agustus mendatang sebagai pesta rakyat Batam di lapangan sepak bola depan Hotel Novotel akan menjadi keunikan tersendiri ditengah semarak aktivitas di jantung perkotaan.

Walikota Batam Ahmad Dahlan, yang hadir sekaligus membuka pesta rakyat tersebut pada Selasa (11/08) siang mengatakan peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-64 pada 17 Agustus 2009 dirayakan bersama secara semarak dan mengaktifkan kembali segala jenis perlombaan dan atraksi yang selama ini sudah jarang digelar. Agar seluruh masyarakat Kota Batam merasakan semangat kemerdekaan yang telah diperjuangkan para pahlawan bangsa. Walaupun hampir seluruh komponen masyarakat Batam terdiri dari berbagai latar belakang suku, agama dan asal muasal yang berbeda tapi jangan pernah perbedaan menimbulkan konflik, jadikan momen peringatan tahun ini sebagai wahana menjalin persatuan antar anak bangsa demi terciptanya kesejahteraan Batam, ungkap Dahlan seraya memberikan apresiasi kepada para pantia yang telah menginisiasi acara yang sangat spektakuler tersebut.

Wako Batam yang menghadiri acara tersebut setelah melakukan sidak ke beberapa pasar dan gudang sembako di Batam menjelang Hari Besar seperti Bulan Puasa dan Idulfitri tersebut juga menyampaikan rasa syukurnya atas rangkaian Pemilu 2009 yang telah berjalan dalam suasana aman dan damai tanpa ada permasalahan yang berarti, katanya meyakinkan hadirin dan undangan atas pentingnya suasana aman dan kondusif untuk pembangunan Batam yang lebih baik.

Pesta rakyat yang akan dihelat selama 1 minggu tersebut diawali dengan bazar multi produk dan aksi donor darah.

Ketua pelaksana even Pesta Rakyat, Bagus Permadi mengatakan acara sengaja dikemas secara unik, seru dan menarik serta terbuka bagi masyarakat umum. Diantaranya lomba karaoke, lomba modern dance akan dilombakan 15 Agustus, lomba band digelar 16 Agustus,dan modifikasi motor akan dilaksanakan mulai tanggal 15 sampai dengan 17 Agustus. Khusus anak TK digelar lomba menggambar dan mewarnai yang akan dilaksanakan pada tanggal 16 Agustus. Panitia menyediakan puluhan juta rupiah untuk hadiah uang tunai. Piala Walikota Batam diperebutkan dalam perlombaan tersebut.

Masih menurut Bagus, bagi masyarakat yang berkeinginan mengikuti kegiatan tersebut, pendaftaran dapat dilakukan distand panitia saat kegiatan berlangsung.Untuk informasi perlombaan dan penyelenggaraan kegiatan dapat menghubungi panitia Bagus (081908043762), Didit (0778-7207007) dan Mus (0778-9611208) Tidak hanya perlombaan yang disajikan, masyarakat dihibur dengan berbagai penampilan band. Diantaranya Colors Band (home band Club One Novotel) yang akan tampil pada tanggal 15 dan 16 Agustus. Selanjutnya Shiro Band, Capucinos Band, dan pada puncak acara sekaligus acara penutupan 17 Agustus Isye KDI sebagai bintang tamunya. Kegiatan tersebut hasil kerjasama Pemerintah Kota Batam, Tribun Batam, Hotel Novotel, Soulmate Even Organizer, Indosat, PT PLN Batam, Barelang Entertainment & Barelang Rental, PT senturi Ultra Dinamis, Leo Utama Motor, Lexus, Pocari Sweat, PT Mediabetea Indonesia, Club One Novotel, serta teh botol sosro.

Turut hadir para Kepala Dinas, Badan dan Bagian Pemerintah Kota Batam, Camat Batu Ampar serta perwakilan masing-masing sponsor.

(humas_crew/ttn&nn)