ONE_0172BATAM – Bertempat di Golden Pranw, Selasa (3/11) malam, Walikota Batam Ahmad Dahlan menjamu rombongan Pengusaha dan Dubes RI Untuk Polandia.
Rombongan yang terdiri dari 28 pengusaha Polandia ini dipimpin oleh Dubes RI untuk Polandia H.E. Hazairin Pohan. Selama berada di Batam, rombongan akan bertemu dengan Gubernur dan Pengusaha di Kota Batam. Dalam sambutannya, Hazairi mengungkapkan Batam merupakan tempat terbaik untuk berinvestasi.
Kunjungan ke Batam menurutnya akan semakin menarik apabila pengusaha asal Polandia memperoleh informasi mengenai peluang investasi yang terdapat di Batam. Sebagai Dubes, Hazairi telah berkali-kali membawa pengusaha Polandia berkunjung ke Batam. Terhadap kunjungan Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan ke Polandia beberapa waktu lalu, menurutnya ekonomi bukan satu-satunya topik yang dibahas. Melainkan masalah sosial budaya dan potensi pariwisata di Batam dengan ditetapkannya Batam nomor tiga jumlah kunjungan Wisman.

Lebih lanjut ia mengatakan, pertemuan ini merupakan tindak lanjut dari kerjasama ekonomi pemerintah RI melalui menteri pertanian dengan pemerintah polandia beberapa waktu lalu. Selama ini sudah terjalin kerjasama di bidang alat berat, perkapalan, dan helikopter. Saat ini peluang kerjasama yang dilirik adalah import daging dari Polandia. Polandia yang terkenal sebagai negara penghasil biji besi, batu bara dan tambang emas, untuk itu pihak Polandia berharap Indonesia dapat memenuhi kebutuhan tersebut dari negara mereka. Disamping itu pihak pengusaha Polandia juga akan menjajaki peluang investasi yang ada di Kota Batam.

“Atas nama pimpinan seluruh rombongan, saya mengucapkan terimakasih atas sambutan yang dilakukan oleh Bapak Walikota. Pihak Pemko Batam telah menyambut kami dengan ramah pada malam hari ini. Sekali lagi kami mengucapkan terima kasih,” ujar Hazairi dalam sambutannya.

Perwakilan pengusaha malam itu juga mengaharapkan agar kunjungan tersebut membuahkan hasil. Pengusaha yang berkunjung ke Batam malam itu, memiliki bidang usaha masing-masing. Untuk itu kerjasama juga dapat dilakukan dengan memasarkan produk Polandia di Kota Batam.

Walikota Ahmad Dahlan menyampaikan penghargaan dan ucapan terimakasih kepada Dubes RI yang telah memfasilitasi kunjungan pengusaha Polandia ke Batam. Diharapkan melalui kunjungan ini dapat terjalin kerjasama yang saling menguntungkan kedua belah pihak. Dalam kesempatan itu, Walikota juga memberikan cendera mata berupa baju melayu kepada Dubes Indonesia untuk Polandia.

Kepada perwakilan pengusaha, Walikota juga menyerahkan cenderamata dan disambut dengan antusias oleh para pengusaha Polandia.
Sebelumnya pihak pemerintah Kota Batam juga telah melakukan expo tour salon di Polandia. Kedatangan rombongan  ini sekaligus merupakan kunjungan balasan ke Batam.

Dalam jamuan makan malam tersebut Walikota didampingi asisten Ekbang Syamsul Bahrum, Kadispenda R.Supri, Kaban Pertanahan Buralimar, Kepala BPM Firma Marpaungn Kadis Parbud Guntur Sakti, Kadis Perindag Ahmad Hijazi beserta sejumlah staf dilingkungan Pemko Batam.

(humas_crew/dv)