BATAM-Wali Kota (Wako) Batam, Ahmad Dahlan secara resmi membuka penyelenggaraan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) di Kecamatan Sekupang, Rabu (10/2). Pembukaan MTQ tingkat kecamatan ini ditandai dengan pemukulan beduk oleh Wako, Wakil Ketua DPRD Batam, Zainal Abidin dan Camat Sekupang, Nurul Iswahyuni. Pelaksanaan MTQ di Kecamatan Sekupang ini akan berlangsung hingga Jumat (12/2) mendatang. Suwardi selaku Ketua Pelaksana acara mengatakan MTQ tingkat kecamatan ini dilaksanakan dalam rangka keikutsertaan kafillah qori dan qoriah dalam pelaksanaan MTQ tingkat Kota Batam yang akan dilaksanakan pada Maret mendatang. Adapun yang menjadi tema kegiatan MTQ kali ini adalah “Dengan MTQ yang ke XXV Tahun 2010 Kita Tingkatkan Iman dan Takwa Sebagai Modal Dasar Batam Menuju Bandar Dunia Madani”. Adapun jumlah kafillah yang mengikuti pelaksanaan MTQ ini berjumlah 54 qori dan qoriah yang merupakan utusan dari Kelurahan yang ada di Kecamatan Sekupang.

“Adapun bidang yang dilombakan adalah tilawah dewasa , remaja dan anak-anak putra dan putri. Serta bidang Tartil Quran,” ujarnya.

Camat Sekupang, Nurul Iswahyuni mengatakan bahwa pembukaan MTQ di Kecamatan Sekupang ini diawali dengan pawai. Pada tahun 2009, Kecamatan Sekupang menduduki juara ke enam pada pelaksanaan MTQ tingkat Kota Batam. Sementara untuk pelaksanaan MTQ tingkat Kecamatan, Kelurahan Tanjung Riau berhasil keluar sebagai juara umum. Kemarin, piala bergilir tersebut diserahkan oleh Lurah Tanjung Riau kepada Camat Sekupang untuk selanjutnya diserahkan kepada Ketua Pelaksana MTQ. Pada pelaksanaan MTQ tingkat Kota mendatang, Nurul bertekad agar Kecamatan Sekupang mendapat peringkat yang lebih baik dibanding tahun sebelumnya.

“Kecamatan Sekupang harus bisa mendapatkan peringkat terbaik. Karena, Sekupang merupakan daerah potensial melahirkan qori dan qoriah. Ini disebabkan keberadaan Quran Centre yang terletak di Kecamatan Sekupang,” kata Nurul.

Dalam kesempatan itu, Wako menegaskan bahwa Kecamatan Sekupang harus mendapat peringkat pertama pada MTQ tingkat Kota Batam tersebut.  Tentunya karena Sekupang merupakan salah satu daerah yang memberikan kontribusi yang besar terhadap pembangunan Batam. Wako menjelaskan, bahwa pembangunan Batam menjadi andalan di Indonesia. Ia juga menceritakan kunjungan kerjanya ke Karimun pada Selasa (9/2) lalu. Jika dibandingkan dengan Karimun, kondisi Batam menurutnya jauh lebih maju. Karimun menurutnya masih mempunyai masalah dengan listrik dan jalan-jalan masih berdebu. Untuk membangun daerah sendiri, maka Batam akan bekerjasama dengan Karimun untuk pengembangannya. Dihadapan seluruh masyarakat yang hadir dalam acara pembukaan MTQ itu, Wako juga menegaskan bahwa anak Batam tidak ada yang tidak sekolah.

“Jika ada anak yang tidak sekolah, maka dia akan tersisih dan akan menjadi pengangguran nantinya. Batam menuju masyarakat industri yang modern untuk itu diperlukan SDM yang handal,” pungkasnya.

Pembukaan MTQ di Kelurahan Sekupang ini dihadiri oleh Azwan selaku Ketua MTQ tingkat Kota Batam, Syamsul Bahrum, Asisten Ekonomi Pembangunan Pemko Batam serta Kapolsek Sekupang.

(crew_humas/dv)