10431_1164787954219_1063485655_30480702_314748_nBATAM – Dalam lomba Dragon Boat 2009 di Tanjung Pinang, Pemerintah Kota (Pemko) Batam mengirimkan dua tim. Dua tim tersebut yakni, Tim Batam Merah dan Tim Batam Putih. Tim Manajer, Chris Triwinasis menjelaskan pada Dragon Boat 2008 lalu, Tim Batam Merah berhasil keluar sebagai juara umum. Perlombaan Dragon Boat di Tanjung Pinang ini berlangsung selama lima hari, dimulai dari Kamis (5/11) sampai dengan Senin (9/11) di Tanjung Pinang.
Chris mengatakan dua tim yang akan bertarung di perlombaan Dragon Boat 2009 ini akan dilepas oleh Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan pada Rabu (4/11) di lantai IV Kantor Walikota. Para atlit terdiri dari para pendayung yang telah mengikuti Sea Eagle Boat Race berjumlah 30 orang. Latihan telah dimulai sejak 5 Oktober lalu yang merupakan peningkatan fisik dari seluruh atlit dengan lokasi pelatihan di Pulau Lengkang.

“Harapan kita, Tim Batam Merah dapat mempertahankan gelar juara umum, dengan berhasilnya Tim Batam Merah mempertahankan gelar juara umum, maka piala bergilir akan menjadi hak milik,” jelas Chris.

Selain latihan fisik, tim juga mengikuti latihan teknis pada tanggal 15 Oktober lalu. Latihan teknis ini bertujuan untuk membangun kebersamaan dan utamanya peningkatan ketika akan memutar. Masing-masing kontingen juga telah menjalani tes kesehatan di Puskesmas Belakang Padang untuk mengetahui Hb serta kondisi fisik. Tim menurutnya telah berlatih keras untuk mengikuti perlombaan Dragon Boat Race ini, mengingat peserta yang ikut dalam perlombaan ini tidak hanya berasal dari Provinsi Kepri, tapi juga dari luar daerah, seperti dari Jambi, Padang dan Malaysia.

Untuk diketahui Tim Batam Merah telah berhasil meraih juara sebanyak tiga kali 2005, 2007, 2008. Target tim ini adalah mempertahankan juara untuk Tim Merah dan Tim Putih diharapkan lolos ke partai final mendampingi tim Batam Merah. Jika Tim Batam Merah berhasil mempertahankan juara umum, direncanakan tim ini akan mengikuti lomba Dragon Boat Sungai Musi di Palembang. Tahun lalu, Tim Batam Merah keluar sebagai juara ketiga pada saat mengikuti lomba Dragon Boat Sungai Musi di Palembang.

(*crew_humas/dv)