BATAM- Bertempat di Dataran Engku Putri Batam Centre pada Sabtu (27/02), Batam Blogger Comunity (BBC) melaksanakan syukuran ulang tahun  BBC yang ke dua. Acara yang bertajuk BBC kopdar (kopi darat) ini dihadiri Wakil Wali Kota Batam, Ria Saptarika yang juga sebagai pembina BBC. Joko Supriyanto ketua BBC menyebutkan acara ini merupakan reuni sekaligus syukuran ulang tahun BBC yang telah mencapai usia dua tahun. Selain itu pada ajang kopi darat ini juga dibahas sejarah terbentuknya BBC dan kegiatan yang akan dilakukan BBC kedepan. Joko mengatakan BBC sepenuhnya mendukung  Batam Digital Island dan Visit Batam 2010. Bentuk dukungan BBC yaitu denga mencantumkan logo Batam digital Islan dan logo Visit Batam 2010 pada setiap blog anggota BBC.
“Apabila logo tersebut di klik akan terkoneksi ke web Batam Digital Island dan Visit Batam 2010,” ujar Joko.

Salah satu agenda kegiatan BBC pada tahun 2010 adalah mendukung terlaksananya pemecahan rekor MURI pengguna internet (online) terbanyak yang mencapai  2.010 peserta. Acara online 2.010 peserta yang digagas Telkomsel, Tribun Batam dan Perusahaan Spotad PT. Cyber Media Indonesia (CMI) akan dilaksanakan di mega wisata Ocarina pada Mei mendatang dan merupakan salah satu bentuk dukungan Visit Batam 2010.  General Manager PT CMI, Dheny Novriesan yang hadir pada kopi darat juga meminta dukungan  Blogger dibatam untuk menyukseskan acara online akbar  tersebut. Dheni mengatakakan Telkmsel sebagai sponsor siap menyediakan segala infrastruktur dan jaringan.

“Seperti apa kegiatan online yang dilakukan bebas. Bisa saja kegiatan online itu berupa online blogging, chating, browsing atau facebook kan. Yang penting kita dapat memecahkan rekor dengn online bersama di satu tempat,” ujar Dheni.

Lebih lanjut Ria mengungkapkan bahwa dengan semangat Batam Digital Island Pemko Batam sangat konsen di bidang Informasi Teknologi (IT). Terlihat dari beberapa kegiatan yang dilakukan pemko Batam diantaranya penerapan database berbasis SIAK, layanan pengadaan barang dan jasa berbasi elektronik (LPSE), Pelayanan Sistem Pelayanan Terpadu (SIPADU) dan terbaru Batam ditunjuk sebagai daerah percontohan Sistem Pelayanan Informasi dan Perizinan Inventasi Secara Elektronik (SPIPISE) yang dicanangkan oleh Menteri Koordinator Ekonomi Hatta Rajasa. Selain itu Pemko bekerjasama dengan Telkom telah membuat hotspot internet gratis sebanyak sembilan titik dan akan membangun dua titik pada tahun ini.

Ria juga menyampaikan pada Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) tingkat kota Batam yang akan dilaksanakan pada tanggal 26 Maret mendatang akan memperkenalkan cabang baru yang masih bersifat eksibisi. Cabang baru tersebut yaitu Cabang kaligrafi komputer design dan kaligrafi animasi design. Ria berharap blogger Batam dapat berpartisipasi dalam cabang  MTQ tersebut.

Menanggapi rencana pemecahan MURI dengan online terbanyak sebanyak 2.010, Wawako akan memfasilitasi kegiatan tersebut terutama dengan Dinas Pendidikan untuk mengerahkan pelajar pada acara tersebut. “Saya sangat konsen acara yang berbau teknologi seperti ini, saya akan fasilitasi untuk mendukung acara ini,” kata Wawako sebelum menutup kopi darat.

(crew_humas/yd)