Dari Januari Hingga November 850 Kasus DBD

Fto by; irwansyah. P (147)BATAM- Menekan jumlah kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) menjadi pemacu Pemerintah Kota (Pemko) Batam untuk menggelar gerakan serentak pemberantasan sarang nyamuk (PSN), Sabtu  (21/11). Gerakan serentak PSN ini akan diselenggarakan di 9 Kecamatan se Kota Batam dan utnuk tingkat Kota Batam akan dipusatkan di Genta I Muka Kuning Indah, Kelurahan Buliang Kecamatan Batu Aji. Gerakan serentak PSN ini akan dibuka oleh Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan.

Dari data yang terdapat di Dinas Kesehatan Kota Batam, jumlah kasus DBD pada tahun 2006  sebanyak 1.034 kasus, tahun 2007 turun menjadi 724 kasus, kemudian pada tahun 2008 kembali meningkat 1.112 kasus dan kembali menurun pada tahun 2009 sebanyak 787 kasus. Sementara itu total penderita DBD yang meninggal dari tahun 2006 sampai dengan 2009 berjumlah 59 orang.

Kabag Humas Pemko Batam, Yusfa Hendri mengatakan, yang menjadi prioritas kegiatan gerakan SPN ini adalah daerah kecamatan endemis. Diharapkan melalui kegiatan Goro serentak ini lingkungan menjadi bersih, bebas nyamuk sehingga masyarakat terbebas dari serangan penyakit DBD maupun penyakit lainnya yang mempunyai kaitan dengan nyamuk. Selama ini kesadaran masyarakat Batam untuk menjaga kebersihan lingkungan masih minim. Terlebih dimusim hujan seperti saat ini, maka jentik aedes aegepty akan sangat mudah berkembang biak. Berdasarkan prakiraan cuaca dari Badan Metrologi dan Geofisika (BMG) musim hujan akan berlangsung hingga bulan Februari mendatang.

Lebih lanjut Yusfa menyampaikan pemberantasan DBD tidak bisa hanya dengan melakukan ‘fogging’ saja melainkan harus diantisipasi dengan upaya-upaya preventif yang biasa disebut dengan gerakan Menguras, Menutup dan Menimbun (3M Plus) yang sebenarnya sudah sangat familiar di masyarakat Batam. Dalam kegiatan Sabtu pagi tersebut sasaran yang akan dibersihkan adalah tempat-tempat sarang nyamuk dan melakukan pemeriksaan jentik. Kemudian memberikan bubuk abate dan pengasapan terfokus. Selain itu, petugas Dinas Kesehatan akan memberikan penyuluhan kesehatan dan motivasi kepada masyarakat.

Beri Bantuan Kelambu

Selain gerakan serentak SPN untuk pemberantasan DBD pemerintah juga berupaya menekan kasus Malaria. Selain membersihkan lingkungan, Dinas Kesehatan akan menyerahkan kelambu untuk bayi dan ibu hamil. Penyerahan kelambu ini dipusatkan di Kecamatan Nongsa, merupakan daerah di Batam yang endemis terhadap penyakit Malaria. Program ini untuk mendukung program pusat eliminasi Malaria 2010 di Kota Batam. Kenapa Nongsa yang menjadi daerah endemis di Batam selain daerah pulau, karena banyaknya terdapat bekas galian pasir di kawasan tersebut.

Kasus Malaria di Kota Batam, angkanya kecil yakni 1,2 kasus per 1000 penduduk. Namun apabila dibandingkan dengan Singapura dengan jumlah penduduk 3,5 juta, angka Malaria lebih kecil yakni 500 per 3,5 juta penduduk. Melalui gerakan serentak SPN ini sangat diharapkan partisipasi masyarakat untuk berperan serta membersihkan lingkungan disekitarnya.

Walikota Batam, Ahmad Dahlan dalam acara penerimaan Calon Dubes, Konjen dan Konsul tadi siang di lantai 5 Kantor Pemko Batam mengajak seluruh komponen masyarakat Batam untuk menyempatkan diri dan bergabung dengan tim Gerakan Serentak PSN di masing-masing kecamatan pada hari sabtu (21/11) besok. Dengan gerakan serentak tersebut potensi-potensi genangan air yang menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk dapat diberantas dengan seluruh potensi masyarakat yang ada, harapnya disela-sela acara tersebut.

(crew_humas/dv)