event kc1BATAM – Jumat (18/12) mendatang merupakan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Batam yang ke-180 tahun. Pemerintah Kota (Pemko) Batam telah mempersiapkan beberapa agenda untuk memperingati HUT Kota Batam tersebut. Dimulai dari ziarah ke makam  Nong Isa, peresmian gedung Lembaga Adat Melayu (LAM), Sidang Paripurna  Istimewa dan Malam Anugerah Batam Madani.

Berdasarkan jadwal yang telah disiapkan oleh panitia HUT Kota Batam, agenda akan diawali dengan ziarah ke zuriyat Nong Isa pada pukul 09.00 WIB di Nongsa. Namun sebelum ke makam, rombongan akan berkumpul di masjid At-Taqwa untuk membaca Yassin. Baru kemudian melakukan arak-arakkan ke makam zuriyat Nong Isa.

Disana,Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan bersama rombongan akan melakukan tabur bunga dan doa bersama. “Ziarah ke Makam Nong Isa ini diselenggarakan oleh Lembaga Adat Melayu (LAM)  Kota Batam,” ungkap Kepala Badan Pertanahan Kota Batam sekaligus Ketua Pelaksana  HUT Kota Batam, Buralimar.

Usai melakukan ziarah, rombongan kembali ke Masjid At-Taqwa untuk menunaikan Shalat Jumat berjamaah. Pada pukul 14.00 WIB, acara dilanjutkan dengan sidang  Paripurna Istimewa di DPRD Kota Batam. Dalam kesempatan itu, Walikota bersama dengan Ketua DPRD Kota Batam akan membacakan pidatonya dihadapan seluruh tamu undangan yang hadir.

Kemudian dilanjutkan dengan peresmian Gedung Lembaga Adat Melayu (LAM) pada pukul 15.30 WIB di Batam Centre. Gedung LAM ini akan diresmikan oleh Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan dan disaksikan oleh Ketua LAM Kota Batam, Datuk Imran AZ.

Puncaknya, akan diselenggarakan “Malam Anugerah Batam Madani” di Hotel Goodway. Malam itu Pemko Batam akan memberikan penghargaan kepada para pihak yang telah berperan dalam membangun Batam. Untuk tahun ini, Pemko Batam mempersiapkan 20 penghargaan.

Diantaranya penghargaan diberikan kepada para mantan Ketua Otorita Batam (OB), mantan Wali Kota Batam, mantan Ketua DPRD Kota Batam, Lembaga Kekerabatan Adat, LAM dan lima  perusahaan yang telah eksis di Batam.

Diantaranya yang akan menerima penghargaan ini adalah BJ Habibie, Ismeth

Abdullah, Soerya Respationo, Taba Iskandar, Nyat Kadir, Usman Draman, Azman Abnur, Raja Zainudin dan Makmur Ismail. Buralimar mengatakan, penghargaan ini dibagi dalam kategori, politik pemerintahan, ekonomi, social dan budaya. Penghargaan yang diberikan berupa Selempang, Pin Emas dan sertifikat Batam Madani.

“Penghargaan Batam Madani ini kita berikan untuk pertama kalinya. Tahun depan akan kita tingkat kan lagi jumlah yang menerimanya,” tutur Buralimar.

Acara pada malam hari itu juga akan diisi dengan hiburan yang akan dilantunkan oleh artis Ibukota, Kiki KDI. Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan, Wakil Wali Kota Batam, Ria  Saptarika, Ketua DPRD Kota Batam, Surya Sardi dan Unsur  Mupida Kota Batam akan hadir pada Malam Anugerah Batam Madani tersebut.

(crew_humas/dv)