BATAM- Kabupaten Kepulauan Anambas merupakan kabupaten pemekaran dari Kabupaten Natuna. Meski sebagai Kabupaten termuda di Provinsi Kepri, daerah yang dipimpin oleh Yusrizal selaku Plt Bupati Kabupaten Anambas tak mau ketinggalan dalam pelaksanaan MTQ III Tingkat Provinsi Kepri. Selain mengutus kafilah sebagai peserta pada lomba MTQ, Kabupaten Anambas juga mendirikan stand bazar yang dipusatkan di Dataran Engku Putri.

Produk unggulan yang mereka tampilkan pada bazar tersebut adalah Kerupuk Atom yang merupakan makanan khas Anambas. Herawati Baharudin selaku penanggungjawab bazar mengungkapkan bahwa harga kerupuk Atom yang dijual bervariasi dan tergantung dari kemasannya. Kerupuk Atom yang dikemas dalam plastik biasa dijual Rp20 ribu sedangkan kerupuk Atom yang dijual dalam kemasan berkualitas dijual Rp25 ribu.

“Ini merupakan makanan khas Anambas yang terbuat dari ikan tongkol. Kerupuk ini diproduksi langsung oleh masyarakat di Anambas yang merupakan binaan PKK Anmabas dan sebagian besar mereka adalah nelayan,” ujar Herayati.

Selain menyediakan kerupuk Atom, di stand bazar Kabupaten Kepulauan Anambas juga menjual kerajian tangan yang terbuat dari rotan yang berbentuk tudung dan talam. Sepasang tudung dan talam rotan ini dijual Rp400 ribu. Lainnya adalah makanan lakse, bubur pedas, roti goreng, abon ikan tongkol serta keripik pisang. Abon ikan tongkol ini dijual Rp20 ribu per bungkus dan bisa tahan hingga berbulan-bulan.

Di stand bazar Kabupaten Anambas kita juga bisa membeli gula aren yang telah dicetak seperti potongan bola. Selain itu ada pansek, yakni kerang laut yang telah diasinkan. Apabila pansek yang dijual telah diasinkan, maka akan tahan lama. Namun pansek akan lebih enak disajikan jika langsung dimasak atau tanpa proses pengasinan. Kelompok PKK dari Kabupaten Anambas juga menjual kerajinan tangan yang terbuat dari kerang-kerangan, namun kerang-kerangan tersebut tidak banyak dibawa ke Batam.

Untuk desain dari stand bazar merupakan miniatur masjid di Kabupaten Kepulauan Anambas. Di dalam stand bazar juga terdapat miniatur Masjid Raya Anambas. Bagi masyarakat yang ingin mengetahui lebih banyak tentang Kabupaten Anambas, dapat mengunjungi langsung stand bazar yang terletak di Dataran Engku Putri.

(crew_humas/dv)