BATAM- Wakil Wali Kota Batam, Ria Saptarika melakukan pertemuan dengan seluruh Sub Contraktor dan perwakilan pegawai dari Drydocks World Graha, Selasa (18/5) di Lantai 4 Kantor Walikota Batam. Tujuan dari pertemuan itu adalah membahas acara friendship night atau malam ramah tamah dalam rangka mencairkan suasana pasca terjadinya kerusuhan di Drydockc World Graha Beberapa waktu lalu. Acara tersebu 100 persen akan ditangani oleh pihak management Drydocks, sehingga para Subcon maupun pegawai tidak merasa keberatan. Ria berharap acara yang tengah digagas itu dapat mengembalikan suasana yang kondusif. Acara tersebut diharapkan bukan yang pertama dan terakhir dalam penyelesaian masalah Drydocks. Namun sebagai awal perbaikan untuk menuju yang lebih baik.“Sehingga masyarakat luar memandang bahwa Batam dapat menciptakan suasana yang kondusif sebagai tempat berinvestasi,” tambah Ria

Sementara, Bahrum selaku perwakilan management Drydocks mengatakan acara tersebut akan dikemas sedemikian rupa agar terjadi interaksi antara subcon, pegawai lokal dan pegawai asing khususnya berkewarganegaraan India. Dengan demikian tujuan friendship night dapat terlaksana. Rencananya acara tersebut akan dilaksanakan tanggal 21 Mei 2010. Pastinya akan diperoleh para subcon melalui surat resmi dari pihak management. “Acara akan dikemas dalam bentuk pagelaran seni atau menyanyi, sehingga menimbulkan suasana yang lebih santai,” jelas Asisten Administrasi Umum Maaz Ismail dalam kesempatan tersebut.

Kepala Bagian Humas Pemko Batam Yusfa Hendri yang hadir dalam kesempatan tersebut menambahkan beberapa point diantaranya, pertama, dibutuhkan supporting dari subcon untuk ikut berperan serta mensukseskan friendship night tersebut. Kemudian, bertanggung jawab terhadap para pegawainya yang akan hadir untuk tetap menciptakan suasana kondusif selama acara berlangsung. Kedua, membuat kesepahaman atau kesepakatan secara tertulis dan ditandatangani secara bersama-sama. Kesepakatan itu memuat pernyataan para pekerja untuk senantiasa menjaga suasana kondusif. Bila terjadi perselisihan, itu merupakan perselisihan pribadi dan diselesaikan secara damai atau kekeluargaan.

Ketiga, konsep malam keakraban dibuat serileks mungkin, santai dan inti acara tersebut adalah permintaan maaf secara terbuka oleh perwakilan tenaga dari India dan pernyataan penerimaan maaf dan sekaligus permintaan maaf dari pihak tenaga lokal. Dan acara diakhiri dengan doa bersama agar suasana yang kondusif akan kembali tercipta. Para subcon yang hadir menyambut baik langkah yang diambil pihak management dan berjanji akan mendukung suksesnya acara. Turut hadir perwakilan dari Dinas Tenaga Kerja Kota Batam H Tukiman dan Uki.

(crew_humas/nn)