Wako Lepas 720 Mubaligh Ramadhan

BATAM –  Walikota Batam, Ahmad Dahlan melepas 720 orang mubaligh, Rabu (18/7) di Asrama Haji. Para Mubaligh ini akan memberikan ceramah di 865 masjid dan Mushola se-Kota Batam selama Ramadhan 1433 H.

Ketua Persatuan Mubaligh Batam (PMB), Zulkarnain Umar mengatakan para mubaligh akan dirotasi di seluruh Masjid dan Mushola untuk mengisi siraman rohani selama Ramadhan. Setiap PMB Kecamatan sudah menyusun jadwal harian untuk para mubaligh.  “Setiap mubaligh diberikan garis besar materi ceramah seta dibekali buku agama agar materi ceramah lebih bervariasi,” katanya.

Menurut Zulkarnain, seluruh mubaligh yang yang akan mengisi ceramah Ramadhan 1433 H merupakan mubaligh yang bersertifikasi serta dianggap layak dan berkompeten. Para Mubaligh juga diuji melalui serangkaian tes oleh tim penguji yang diketuai Kepala Kantor Kementrian Agama Kota Batam, Zulkifli Aka. Para mubaligh terlebih dahulu membuat porto folio berisi rekam jejak menjadi mubaligh serta pendidikan yang ditempuh. Setelah itu, mereka juga mendapatkan pembekalan dari PMB.  Para nubaligh juga mengikuti tes tertulis yang meliputin pemahaman agama dan hadist, rukun khotbah serta wawasan keislaman. Disamping tes tertulis, mereka juga menjalani ujian praktek.

Walikota Batam, Ahmad Dahlan meminta kepada mubaligh yang akan bertugas selama bulan Ramadhan agar dapat memberikan pencerahan kepada masyarakat melalui ceramah yang disampaikan. Dahlan juga meminta agar para Mubaligh tidak hanya hadir pada tempat-tempat acara, tapi juga langsung menyentuh masyarakat. “Diharapkan para mubaligh menyampaikan dakwah sesuai dengan materi yang telah disusun,” katanya.

Leave a Reply

Galeri Foto

Switch to our mobile site

Log in -