Pemko Batam Bentuk Tim Verifikasi Tanggap Bencana

Share

4BATAM - Bertempat di Ruang Presentasi Kantor Walikota Batam, Pemerintah Kota Batam, Rabu (9/1) menggelar rapat tanggap bencana angin puting beliung yang melanda sebagian wilayah Kota Batam Selasa kemarin. Rapat tanggap bencana yang dipimpin langsung oleh Wakil Walikota Batam Rudi, SE bertujuan untuk mendapatkan data terbaru jumlah kerusakan yang menimpa 5 kecamatan di Kota Batam yang diakibatkan bencana angin putting beliung. Turut hadir dalam rapat tersebut Kadis Sosial, Kadis Kesehatan, kabag Keuangan Setdako Batam, Camat Batam Kota, Camat Nongsa, Camat Batu Ampar, Camat Bengkong, Camat Lubuk Baja dan seluruh lurah yang wilayahnya terkena dampak bencana angin puting beliung

Asisten Ekonomi Pembangunan, M. Syuzairi yang ditunjuk sebagai Ketua tim verifikasi tanggap bencana melaporkan jumlah kerusakan bangunan yang diakibatkan bencana puting beliung ini berjumlah 153 rumah yang tersebar di 5 kecamatan di Kota Batam, yaitu kecamatan Batu Ampar dengan jumlah kerusakan terbesar di kelurahan Tanjung Sengkuang sebanyak 58 rumah, kelurahan Batu Merah 28 rumah dan Kampung Seraya 8 rumah. Sementara itu di kecamatan Bengkong Kerusakan menimpa 5 rumah di 2 kelurahan, Kecamatan Batam Kota 23 rumah. Sedangkan di Kecamatan Lubuk Baja kerusakan banyak dialami di kelurahan Tanjung Uma sebanyak 23 rumah dan Kecamatan Nongsa dengan jumlah 8 rumah. Syuzairi menambahkan, selain kerusakan yang diakibatkan angin putting beliung, terdapat pula kerusakan yang terjadi karena musibah kebakaran yang menimpa 3 rumah di kelurahan Tanjung Pinggir Kecamatan Sekupang.

“Jadi data sementara total kerusakan akibat bencana ini berjumlah 156 rumah dengan perincian skala kerusakan 46 rusak berat, 34 rusak sedang dan 74 rusak ringan serta 2 yang rusak berupa fasilitas umum”, jelas Syuzairi.

Sementara itu Wakil Walikota Batam meminta seluruh lurah yang wilayahnya terkena bencana ini segera melaporkan kepada  tim verifikasi untuk segera mendata secara pasti dan detail tentang jumlah kerusakan dan skala kerusakan. “Besok akan kita agendakan rapat selanjutnya untuk menetukan besaran jumlah bantuan sesuai data pasti jumlah kerusakan, mudah-mudahan Jumat sudah dapat kita salurkan bantuannya”, lanjut Rudi.

Malam sebelumnya Wawako melakukan peninjauan ke lokasi yang terkena bencana angin puting beliung, yaitu kelurahan Batu Merah,  Simpang Melcem di Kecamatan batu Ampar dan Kecamatan Batam Kota di Kelurahan Sungai Panas serta Kelurahan Belian di sekitar SMA Negeri 3. Rudi berkesempatan mendengar cerita warga dan  meninjau langsung kerusakan yang terjadi akibat bencana puting beliung imbas angin utara yang disebabkan badai tropis sonamu di laut Cina Selatan.

Tweet

Leave a Reply

Galeri Foto

Switch to our mobile site

Log in -