Home Siaran Pers Perda Terumbu Karang Untuk Keseimbangan Ekosistem Biota Laut

Perda Terumbu Karang Untuk Keseimbangan Ekosistem Biota Laut

4
171

Produk Hukum Terakhir Sebelum Purna Bhakti

BATAM – Akhirnya setelah tertunda cukup lama, Ranperda Pengelolaan Terumbu Karang Kota Batam, Selasa (25/8) disahkan menjadi Perda. Pengesahan Ranperda ini tanpa perlu menunggu pengesahan Perda Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kota Batam. Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan mengatakan, dibuatnya Perda ini sebagai upaya Pemerintah Kota (Pemko) Batam untuk melindungi Terumbu Karang dan biota laut yang ada di Kota Batam. Katanya, terumbu karang tidak hanya memberikan dampak perekonomian, tetapi juga dapat menjaga ekosistem dan hayati serta bisa mendukung kehidupan perekonomian masyarakat.

Diakuinya, pembangunan membawa dampak negative dan positif pada ekosistem laut. Batam sebagai kota yang terus melakukan pembangunan dan penduduk yang terus tumbuh, sangat diperlukan aturan hukum untuk melindungi kelestarian biota laut. Untuk menjaga terumbu karang dan biota laut lainnya, menurut Walikota perlu komimet bersama.

“Perlu komitmen bersama antara Pemko Batam dengan masyarakat dan stake holder yang ada untuk menjaga ekosistem dan terumbu karang ini, Saya mengucapkan terimakasih atas dukungan anggota dewan dan tim yang telah menyempatkan diri untuk membahas Ranperda ini hingga disahkan menjadi Perda,” kata Walikota dalam sidang paripurna terakhir anggota DPRD Kota Batam periode 2009-2014.

Perda Pengelolaan Terumbu Karang ini terdiri dari 17 BAB dan 33 Pasal. Perda ini merupakan merupakan langkah konkrit Pemerintah Kota Batam dalam menangani pelestarian terumbu karang. Selain itu, Perda ini juga dinilai dapat mendukung salah satu sektor unggulan Kawasan Andalan Laut Batam dan sekitarnya, yaitu sektor pariwisata. Sidang Paripurna pengesahan Perda Pengelolaan Terumbu Karang ini dipimpin oleh Ketua DPRD Kota Batam, Soerya Respationo dan didampingi oleh Wakil Ketua II DPRD Kota Batam, Chablullah Wibisono. Wakil Wali Kota Batam, Ria Saptarika turut mendampingi Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan dalam pengesahan Ranperda Pengelolaan Terumbu Karang itu.

(*humas_crew/dv)

4 COMMENTS

  1. wan Irham
    Alhamdulillah, akhirnya Masyarakat Batam telah memiliki Perda Terumbu Karang. Perda ini mrupakan wujud kepedulian Pemerintah Kota Batam , DPRD dan Masyarakat terhadap Lingkungan. Perlu di ingat kekayaan laut yang ada merupakan titipan anak cucu kita, dimana mereka berharap dapat juga menikmatinya nantinya. Besar harapan Perda ini dapat dijadikan acuan dalam pengembangan pembangunan di Kota batam
  2. simon boyke
    Salut buat Walikota Batam yg telah mendorong terciptanya Perda ini. Perda tampa penegakkan akan percuma juga, sekarang tugas pemko mengatur turunanya agar Perda ini terus dapat berkembang dan segera di implementasikannya.