Wako Batam sampaikan Apresiasi kepada KODIM 0316/ Batam

Wako Batam bersama Dandim meninjau RTLH di batu besar f;irwansyah Dahlan menunjuk salah satu RTLH yang sudah di renovasi-f;irwansyah

BATAM : Masyarakat Batam yang mempunyai Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) dengan kondisi perekonomian pas-pasan boleh bernafas lega dengan program bedah rumah yang diluncurkan Pemerintah Pusat melalui Departemen Sosial beberapa waktu yang lalu. Pihak TNI AD dalam wilayah territorial KODIM 0316/ Batam sesuai nota kesepahaman anatar Mabes TNI dengan Departemen Sosial menjadikan kegiatan bedah rumah ini sebagai pilot project yang sangat sukses dengan waktu yang relatif singkat.

Dandim 0316/Batam, Letkol Ahadi Martanto selaku Dansatgas karya bhakti TNI Renovasi Rumah Tidak Layak Huni di Kota Batam mengatakan  pembedahan rumah tidak layak huni di wilayah Kodim 0316/ Batam tersebut dilaksanakan selama 8 minggu dengan pembagian personil TNI AD sebanyak 150 orang, katanya.

Masih menurut orang nomor satu dijajaran Kodim 0316/Batam tersebut, satgas renovasi rumah tidak layak huni tersebut dibagi dalam 25 kelompok yang terdiri dari 6 orang tiap kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 1 orang tukang dan 5 orang pembantu tukang dan secara serentak mengerjakan sesuai target 1 rumah selesai dalam 1 minggu, ungkapnya lagi.

Sebanyak 200 unit RTLH tersebut yang telah siap diserahkan kepada para penghuninya  yang tersebar di 5 Koramil yang ada dibawah kendali Kodim 0316/Batam.  Seperti sebanyak 60 rumah di Koramil 01/ Batam Timur, 60 rumah di kerjakan di Koramil 02/ Batam Barat, 30 rumah di Koramil 03/ Nongsa dan 30 rumah di Koramil 04 Rempang-Galang serta 20 rumah di Koramil 05/ Belakang Padang.

Walikota Batam, Ahmad Dahlan yang didaulat sebagai inspektur upacara (Irup) pada penutupan karya bhakti TNI renovasi rumah tidak layak huni yang berlangsung tadi pagi (5/3) bertempat di lapangan bola Batu Besar, Kecamatan Nongsa tersebut, menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh jajaran Kodim 0316/Batam atas dedikasi dan komitmen yang sangat tinggi untuk membantu warga Batam yang tergolong miskin dengan kondisi tempat tinggal yang tidak layak huni menjadi lebih baik alias layak huni, katanya disela-sela peninjauan photo rumah yang sudah siap direnovasi tersebut.

Pada kesempatan tersebut juga, Walikota juga mengajak masyarakat untuk senantiasa mengenang jasa dan pengabdian para prajurit TNI tersebut khususnya jajaran Kodim 0316/Batam.

Sementara itu, sebanyak 200  rumah tidak layak huni yang saat ini masih direnovasi Dinas Sosial dan Pemakaman Kota Batam bekerjasama dengan masyarakat setempat, saat ini sudah mencapai 90 persen tahap penyelesaian untuk selanjutnya juga akan diserahkan nantinya secara simbolis kepada Walikota Batam, selaku kepala daerah.

(*ttn)