BATAM – Batam ditunjuk sebagai tuan rumah pada kegiatan Perkemahan Saka Bahari Nasional 2010. Perkemahan Saka Bahari adalah program Kwartir Nasional (Kwarnas) Pramuka bersama TNI AL untuk memperkenalkan wawasan kebangsaan kepada anggota pramuka. Kegiatan perkemahan ini akan diikuti 1.500  anggota pramuka dari seluruh wilayah Indonesia yang dilaksanakan selama 6 hari, terhitung 16-21 Juni 2010, di lapangan depan pelabuhan Marina Waterfront  dan Pulau Nipah. Dalam rangka mensukseskan pelaksanaan perkemahan Saka Bahari Tingkat Nasional 2010 itu, dilaksanakan rapat koordinasi persiapan perkemahan Nasional , Jumat (11/6) di Lantai 4 Kantor Walikota Batam yang dipimpin Wakil Walikota Batam. Rapat koordinasi dilakukan dengan Kwartir Cabang (Kwarcab) 3202 Batam, Kodim 0316 Batam, Kapotabes, Batalyon 134, Kanpora, Dinas Perhubungan, Lanal Batam, dan Camat Sekupang dan Belakang Padang.

Sebagai tuan rumah, Ria selaku mengatakan mendukung penuh pelaksanaan perkemahan Saka Bahari. Karena secara tidak langsung kegiatan tersebut mempromosikan Pulau Nipah. “Pulau Nipah memiliki master plan yaitu sebagai wilayah strategis, pariwisata dan bisnis, karenanya dibutuhkan pengelolaan yang lebih baik,” jelas Ria.

Ria menambahkan tujuan utama dilaksanakannya kegiatan tersebut adalah dalam rangka mensosialisasikan salah satu pulau terluar yang dimiliki oleh Negara Kesatuan Republik Indonesia kepada peserta didik yang merupakan anggota Pramuka yang aktif dalam Saka sehingga peserta memiliki semangat untuk mempertahankan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Kegiatan dilakukan dalam rangka pemberdayaan wilayah pertahanan dan penyiapan SDM secara dini Kwartir Nasional gerakan pramuka bekerjasama dengan satuan Karya Bahari Nasional di bawah pembinaan TNI AL.

Rangkaian kegiatan berupa acara pembukaan, welcome party, karnaval, bazar, penanaman pohon dan penutup. Sementara Danlanal Batam Iwan Isnurwanto mengatakan perkemahan dilakukan untuk pelajaran pengetahuan bela negara bagi generasi muda. Diharapkan nantinya generasi muda mengetahui secara keseluruhan konfigurasi dari negara yang Indonesia miliki. “Acara tersebut rencananya akan dibuka oleh Menteri Pemuda dan Olahraga, dan kemudian dilanjutkan kunjungan Menteri Pekerjaan Umum yang akan menyerahkan hasil reklamasi Pulau Nipah kepada Menteri Pertahanan dan Menteri Kelautan dan Perikanan RI untuk dikelola lebih lanjut,”jelas Iwan.

(crew_humas/nn)