Website Bagian Humas Setdako Batam



« | »

Program PNPM Mandiri Menyentuh Langsung ke Masyarakat

BATAM- Masyarakat Bengkong Abadi Kelurahan Tanjung Buntung Kecamatan Bengkong berbahagia. Pasalnya, sejumlah proyek yang dikerjakan melalui program nasional pemberdayaan masyarakat (PNPM) mandiri perkotaan telah rampung dikerjakan. Sebagai tanda telah rampungnya pekerjaan proyek PNPM Mandiri Perkotaan itu ditandai dengan peresmian yang dilakukan oleh Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan. Wali Kota didampingi Camat Bengkong, Umiyati, Anggota DPRD Batam, Mesrawati Tampubolon serta Koordinator BKM Kelurahan Tanjung Buntung melakukan penekanan tombol sirene sebagai tanda diresmikannya proyek PNPM Mandiri tersebut. Setelah itu dilanjutkan dengan pelepasan burung Merpati oleh Wali Kota yang disaksikan oleh masyarakat Bengkong Abadi. Andika Rahman, selaku Ketua Panitia mengatakan bahwa kegiatan yang dilaksanakan melalui PNPM Mandiri Perkotaan ini langsung menyentuh masyarakat dan manfaatnya pun langsung dirasakan oleh masyarakat.

“Warga Bengkong Abadi mengharapkan Pemko Batam dapat meningkatkan dana PNPM Mandiri ini. Karena program ini langsung dikerjakan masyarakat dan manfaatnya juga kami rasakan langsung,” ujarnya.

Ketua BKM Mandiri Sehati, Herman Talo dalam kesempatan itu mengatakan bahwa banyak infrastruktur yang harus dibenahi di Kelurahan Tanjung Buntung. Seperti jalan masih banyak yang berlubang dan belum diaspal. Kemudian belum terbangunnya gorong-gorong yang mampu menampung debit air di sekitar pemukiman warga. Akibatnya jika turun hujan, rumah warga langsung digenangi air. Untuk membantu pemerintah menyelesaikan persoalan tersebut, maka masyarakat mengatasinya melalui program PNPM Mandiri Perkotaan.

Menurutnya, pekerjaan PNPM Mandiri di Kelurahan Tanjung Buntung dikerjakan dalam dua tahap. Yakni pekerjaan tahun 2009 yang terdiri dari lima kegiatan. Pekerjaan yang dilakukan yakni pembangunan batu miring, rehap tangga, posyandu, semenisasi dan pembangunan gorong-gorong. Adapun anggaran dari PNPM sebesar Rp57.500.000 dan anggaran dari swadaya masyarakat sebesar Rp33.379.000. Pekerjaan tahun 2010 terdiri dari tiga kegiatan, pembangunan gorong-gorong di dua tempat dan pembuatan batu miring. Dana dari BLM yakni Rp28,5 juta dan dari swadaya masyarakat sebesar Rp13.380 juta.

Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan memberikan apresiasi yang tinggi kepada masyarakat di Kelurahan Tanjung Buntung dan masyarakat Bengkong Abadi. Sebagai bentuk dukungan Pemko Batam terhadap program PNPM Mandiri Perkotaan, pada tahun 2011 Pemko menganggarkan Rp5,6 miliar untuk dana pendamping PNPM se Kota Batam. Kemudian Rp10 miliar anggaran yang akan didistribusikan dengan pola PNPM. Menurutnya program PNPM Mandiri Perkotaan ini harus dilanjutkan oleh masyarakat. Menurutnya program ini sangat bagus untuk percepatan pembangunan daerah.

“Terhadap apa yang telah kita bangun maka harus kita jaga. Untuk itu kita perlu mempunyai rasa memiliki. Dengan begitu apa yang telah kita bangun bersama akan tetap terjaga dan manfaatnya dapat dirasakan lebih lama,” paparnya.

Usai meresmikan proyek PNPM Mandiri tersebut, Wako berkenan meninjau proyek yang dikerjakan di Bengkong Abadi.

(crew_humas/dv)

Posted by Administrator on November 23, 2010.

Categories: Foto, Siaran Pers

0 Responses

Leave a Reply

« | »




Recent Posts


Pages



Switch to our desktop site