Home Foto Wawako Sidak Pembangunan Nagoya – Jodoh

Wawako Sidak Pembangunan Nagoya – Jodoh

0
162

BATAM – Wakil Walikota Batam, Rudi meninjau pelaksanaan pembangunan jalan Nagoya-Jodoh, Senin (28/9). Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Batam menggesa kegiatan ini agar bisa selesai tepat waktu.

Menurut Rudi, pihaknya optimis   proyek pelebaran jalan di kawasan Nagoya bisa selesai sebelum tahun anggaran 2015 berakhir. Kondisi pelaksanaan di lapangan hampir mencapai 50 persen. “Sekarang baru 50 persen, Desember nanti 100 persen,” katanya saat meninjau pelebaran jalan di depan Graha Sulaiman.

Peninjauan Senin pagi itu, sebut Rudi untuk melihat pembangunan lengan jalan. Menurutnya, target di 2016, seluruh persimpangan jalan di Batam memiliki lengan jalan. “Hal ini sebagai langkah mengurai kemacetan. Jadi bagi kendaraan yang berbelok ke kiri bisa langsung,” paparnya.

Menurut Rudi, Ia berharap lengan jalan dibangun lebih dekat ke arah bangunan rumah-toko (ruko). “Jadi jangan mepet ke jalan, tapi ke ruko. Supaya 2016 tinggal nyambung usaha untuk pelebaran jalan selanjutnya, jadi tidak dua kali kerja,” sambungnya.

Menurutnya, jika proses pembangunan jalan ini tepat waktu, maka untuk pembangunan lanjutan di tahun-tahun berikutnya akan lebih mudah. Rudi mengatakan di APBD perubahan atau anggaran belanja tambahan (ABT) 2015 ini tidak ada tambahan anggaran untuk proyek pelebaran jalan Jodoh-Nagoya. Tapi sudah dimasukkan ke tahun anggaran 2016 untuk proyek berikutnya. “Kalau semuanya sudah selesai, baru tahun depannya ke utilitas termasuk taman dan sebagainya,” masih kata Rudi.

Saat ini, pelebaran jalan menjadi tiga lajur itu sudah selesai untuk area yang dimulai dari Bundaran Nan Tongga di Jalan Duyung, Seijodoh kemudian memutar di depan Hotel Planet Holiday ke arah simpang Hotel Allium Panorama, Jodoh. Yang dari Bundaran Nan Tongga hingga ke simpang Mc Donald sudah selesai, sekarang proses pembongkaran dari simpang Mc Donald ke arah Hotel Allium Panorama.

Tak hanya di wilayah itu, pelebaran juga mulai dilakukan dari Simpang Buah di kawasan Bumi Indah Nagoya ke arah Jalan Teuku Umar, Nagoya atau hingga ke simpang lampu merah setelah i Hotel Nagoya. Untuk rute ini progres pengerjaan baru rampung di seputar Simpang Lippo Nagoya. Kawasan di tepi jalan sekitar area yang akan dilebarkan juga telah dibersihkan.

Pemerintah Kota Batam melalui Dinas PU telah menganggarkan Rp 7,7 miliar untuk pelebaran jalan dengan panjang sekira 750 meter di kawasan Jodoh dan Nagoya pada tahun 2015 ini. Pelebaran jalan ini juga akan dilengkapi dengan pedestrian. Penataan kawasan Jodoh-Nagoya ini merupakan salah satu proyek besar Pemko Batam. Rencananya akan dilakukan secara bertahap dengan melibatkan lintas Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Untuk proyek pelebaran jalan ini, tim harus membersihkan jalur dari lapak-lapak pedagang kaki lima (PK5).

NO COMMENTS