Home Safari Ramadhan 1439 H Warga Sagulung Baru Minta Jalan Menuju Masjid Diperbaiki

Warga Sagulung Baru Minta Jalan Menuju Masjid Diperbaiki

0
370

HUMAS PEMKO BATAM Safari Ramadhan Wali Kota (Wako) Batam, Muhammad Rudi Sabtu (19/5) bertepatan dengan tiga Ramadhan dilaksanakan di Masjid Al Ikhlas Sagulung Baru, Kelurahan Sungai Binti Kecamatan Sagulung. Warga sekitar terlihat senang karena dapat bersilahturahmi dengan orang nomor satu di Kota Batam. Ketua masjid Al Ikhlas, Puryanto menyampaikan masjid tersebut dibangun sejak 15 tahun lalu. Kondisi masjid saat ini dalam perbaikan Mihkran dan teras masjid. Diperkirakan dana yang diperlukan untuk perbaikan masjid itu Rp500 juta. Ia mengatakan kondisi masjid sudah bagus, namun yang dikeluhkan adalah kondisi jalan menuju masjid yang rusak. Mengingat sejak pertama jalan tersebut diaspak sampai sekarang belum dilakukan perbaikan.

Menanggapi kondisi jalan menuju masjid, Wako mengatakan bahwa Pemerintah Kota (Pemko) Batam telah menganggarkan dana untuk percepatan infrastruktur kelurahan (PIK) yang telah dimulai sejak tahun 2016. Anggaran PIK ini menurutnya meningkat iap tahunnya, untuk tahun 2018 dianggarkan Rp1,1 miliar per kelurahan.

“Jika PIK sudah selesai, bisa dimasukan ke Renja Dinas Perkim,” kata Wako.

Kepada masyarakat Wako mengatakan bahwa Masjid Agung Sultan Mahmud Riayat Syah akan selesai pada Oktober 2019. Masjid ini akan menjadi kebanggaan warga Kecamatan Batuaji dan Kecamatan Sagulung.

Masjid yang dapat menampung 25 ribu jamaah ini menurutnya harus dimakmurkan oleh masyarakat Sagulung dan Batuaji dengan melaksanakan ibadah di masjid tersebut. Seiring dilaksanakannya pembangunan masjid termegah se Sumatera itu, Pemko Batam juga akan membuka akses jalan. Sehingga ke depan masjid bernuansa melayu tersebut bisa menjadi objek wisata religi di Kota Batam.

Tidak lupa Wako juga mengingatkan bahwa, saat ini umat muslim sedang di sorot akibat ulah kelompok yang tidak bertanggung jawab di Surabaya dan Pekanbaru.  Oleh karena itu Wako mengimbau masyarakat untuk menjaga keamanan lingkungan. “Kalau ada warga baru atau warga asing wajib lapor dan apabila ada hal-hal yang mencurigakan langsung lapor aparat terdekat. Jika ada yg asing segera lapor ke Babinkamtib boleh, Babinsa atau lurah, lapor langsung ke saya juga boleh,” ujarnya.

Menunggu waktu berbuka puasa, diisi dengan Ceramah agama oleh Ustat Zulkarnain Umar. Beberapa hal yang disampaikan menyangkut kbutuhan primer umat Islam yang terdiri dari lima, Pertama menjaga agama,  karena sebagai umat Islam wajib menjaga agama terhadap faham-faham salah dan radikal. Kedua menjaga diri, ketiga menjaga akal pikiran, keempat menjaga keturunan dan kelima menjaga harta kekayaan. Dalam kesempatan itu, Wako membantu pembangunam masjid dengan memberi bantuan sebesar Rp75 juta.

Usai berbuka dan Shalat Maghrib di Masjid Al-Ikhlas, Wako bersama rombongan OPD di lingkungan Pemko Batam melanjutkan Shalat Tarawih di Masjid Jihad Fisabilillah, Kelurahan Sagulung Kota. Ketua masjid sekaligus Ketua RT Aviari Permai, Purwadi menjelaskan proses pembangunan masjid sangat panjang dan berliku. Berkat dana yang diperoleh dari masyarakat dan donator akhirnya dalam waktu setahun masjid sudah berdiri dan bisa digunakan masyarakat untuk beribadah. Kepada masyarakat Wako mengajak agar ke depan setelah pembangunan Masjid Agung Sultan Mahmud Riayat Syah rampung warga dapat meramaikan masjid untuk melaksanakan shalat fardu di masjid tersebut. Untuk kelanjutan pembangunan masjid, secara simbolis Wako memberikan bantuan sebesar Rp100 juta.(HP)

NO COMMENTS