Home Foto Wako Minta Pengurus Masjid Tingkatkan Kualitas Manajemen Masjid

Wako Minta Pengurus Masjid Tingkatkan Kualitas Manajemen Masjid

0
160

BATAM – Walikota Batam, Ahmad Dahlan meminta pengurus masjid yang ada di Kota Batam untuk terus meningkatkan kualitas dalam mengurus masjid melalui manajemen yang tepat dan bertanggung jawab. Menurut Wako, untuk mengoptimalkan peran dan fungsi masjid, maka masjid harus dikelola dengan sebaik mungkin. maka, diperlukan pengurus masjid yang sangat memahami cara-cara memakmurkan masjid.

“pentingnya memakmurkan masjid dengan menjadikan masjid sebagai tempat ibadah sekaligus pembangunan mental bagi anak-anak generasi muda disamping pendidikan formal yang diterima di sekolah”, ujar Ahmad Dahlan saat memberikan sambutan dalam acara silaturrahim dan pelatihan management masjid serta percepatan legalitas tanah dan bangunan masjid se Kecamatan Sekupang di Kantor kementerian Agama Kota Batam, Sabtu (24/1).

Menurut Dahlan, arti bagaimana manajemen  masjid yang baik tersebut dapat dilihat dari cara mengatur, mengurus, mengelola, melaksanakan dan memperlakukan masjid beserta seluruh kegiatan yang ada di dalamnya. Salah satu penyebab belum optimalnya pemanfaatan masjid adalah karena manajemen pengurus yang belum dikelola dengan baik dan efektif.

“dengan adanya taman pendidikan al quran merupakan salah satu upaya memakmurkan masjid disamping melakukan manajemen masjid yang berkualitas dan mengoptimalkan peran dan fungsi masjid. Kita bertekad  dalam setiap masjid harus ada TPAnya”, jelasnya.

Terkait legalitas lahan dan bangunan, wako meminta peran aktif pengurus masjid dalam melakukan registrasi masjidnya. Menurut informasi dari kantor kementerian agama kota Batam menyatakan bahwa setiap masjid harus mencatatkan keberadaannya kepada kementerian agama Kota Batam. Selanjutnya masjid akan diberikan nomor registrasi yang disebut dengan nomor pokok Masjid atau Mushala (NPM) yang dikeluarkan oleh Kantor Kementerian Agama Kota Batam.

NO COMMENTS