Home Siaran Pers Wako Jadi Irup Upacara Hari Kesaktian Pancasila

Wako Jadi Irup Upacara Hari Kesaktian Pancasila

0
122

BATAM – Walikota Batam, Ahmad Dahlan bertindak sebagai Inspektur upacara dalam upacara Hari Kesaktian Pancasila, Senin (1/10) di lapangan Engku puteri. Upacara yang diikiuti pejabat Pemko Batam, Pegawai Negeri Sipil (PNS), siswa se-Batam serta perwakilan organisasi masyarakat itu berlangsung khidmat.

Tahun ini, upacara peringatan Hari mKesaktian Pancasila mengambil tema “Dengan Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Kita Perkokoh Semangat Persatuan dan Kesatuan Menuju Bangsa Indonesia yang Berkarakter”.

Dari peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini diharapkan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya dapat dihayati dan diamalkan oleh seluruh rakyat Indonesia sehingga menjadi kekuatan untuk menanggulangi rongrongan terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sebelumnya, pemerintah telah meminta kepada seluruh jajarannya, swasta, dan masyarakat untuk mengibarkan bendera setengah tiang pada 30 September 2012 dan satu tiang penuh pada hari ini. Pemerintah juga meminta agar berbagai pihak menggelar upacara.

Hari Kesaktian Pancasila diperingati setiap 1 Oktober untuk mengenang Gerakan 30 September oleh PKI pada 1965 yang akan mengambil alaih kekuasaan dan akan menggantikan Pancasila dengan ideologi Komunis.

Gerakan yang diawali dengan penculikan para jenderal Angkatan Darat pada 30 September 1965 malam ini dapat digagalkan dan ditumpas. Namun demikian enam jenderal dan satu letnan di Jakarta tewas karena penculikan dan pembunuhan di Jakarta tersebut.

Ketujuh orang tersebut, dibunuh dan dimasukkan dalam Lubang Buaya, tak jauh dari Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur. Ketujuhnya kemudian ditetapkan sebagai Pahlawan Revolusi.

Tujuh pahlawan yang diculik dan dibunuh di Jakarta, adalah Panglima Angkatan Darat Letjen TNI Ahmad Yani, Mayjen TNI R. Suprapto, Mayjen TNI MT Haryono, Mayjen TNI Siswondo Parman, Brigjen TNI DI Panjaitan, Brigjen TNI Sutoyo Siswomiharjo dan Lettu DI Panjaitan.

NO COMMENTS