Home Siaran Pers Tingkatkan Kepedulian Pada Lingkungan Melalui Gerakan Penanaman Pohon

Tingkatkan Kepedulian Pada Lingkungan Melalui Gerakan Penanaman Pohon

0
139

BATAM-Bersempena dengan peringatan hari Ibu yang jatuh pada 22 Desember mendatang, Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kota Batam Suparti Ria Saptarika menghadiri kegiatan tanam pohon, Minggu (20/12) di Kelurahan Batu Merah Kecamatan Batu Ampar. Kegiatan ini merupakan langkah awal untuk membangkitkan kesadaran akan lingkungan kepada masyarakat dan memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang arti pentingnya lingkungan. Ketua Bidang Wanita DPD PKS Siti Nurlaila, MT selaku panitia mengatakan kegiatan tanam pohon tersebut merupakan salah satu agenda kegiatan bidang kewanitaan DPD PKS Batam. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat memberi inspirasi pada masyarakat untuk membuat kegiatan atau program yang berkelanjutan dalam hal pemeliharaan lingkungan.

Tema yang diusung adalah “Sayangi Bumi Selamatkan Generasi”, karena bumi yang kita tinggali ini merupakan titipan anak cucu dan bukan warisan nenek moyang maka harus dijaga dan dilestarikan untuk generasi berikutnya. Suparti Ria Saptarika, dalam sambutannya mengatakan bahwa di dalam PKK terdapat program kewanitaan yang mempunyai kegiatan berkala dalam pemberdayaan wanita dimana program tersebut berada di Pokja IV.

Kegiatan dalam Pokja IV diantaranya pembuatan kompos dan pemanfaatan barang bekas menjadi barang yang lebih bermanfaat atau barang daur ulang. Keduanya merupakan langkah untuk menangani permasalahan sampah yang dilakukan Tim Penggerak PKK Kota Batam. Prinsip-prinsip yang bisa diterapkan dalam keseharian diantaranya Reduce atau mengurangi, maksudnya sebisa mungkin lakukan minimalisasi barang yang dipergunakan.

Kedua Reuse atau memakai, sebisa mungkin pilih barang yang bisa dipakai kemali. Ketiga, Recycle atau mendaur ulang, sebisa mungkin barang yang sudah tidak berguna lagi, bisa didaur ulang. Dan terakhir, replace atau mengganti, teliti barang yang dipakai sehari-hari, gantilah barang yang hanya bisa dipakan sekali dengan barang yang lebih tahan lama.

Suparti berharap dalam kesempatan tersebut warga Batu Merah dapat memanfaatkan waktu yang ada untuk bertanya kepada anggota dewan atau hanya sekedar memberikan aspirasi mereka. Menurut survey rendahnya tingkat pendidikan dan kesehatan yang terjadi pada masyarakat disebabkan oleh karena menurunnya kualitas pendidikan dan kesehatan dari ibu rumah tangga itu sendiri. Beberapa waktu lalu Suparti mendengar bahwa Departemen Sosial memiliki program yang memberikan bantuan dengan mengangkat pemberdayaan ibu rumah tangga. Dimana ibu rumah tangga yang dibina mendapatkan uang binaan sebesar Rp 200 ribu per bulan dan bagi yang membina mendapatkan insentif sebesar Rp 700 ribu per bulan.

Sebagai awalan kepada anggota dewan, Suparti memberikan pertanyaan bagaimana Kota Batam mendapatkan program atau akses tersebut? Sehingga nantinya masyarakat dapat berbagi dari mulai program itu sendiri dan dana yang dicairkan. Suparti  berharap hal itu dapat di follow up sampai ke pusat. Acara  ditutup dengan penanaman pohon secara simbolis oleh Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kota Batam, Anggota DPR RI dan Lurah Batu Merah. Turut hadir Anggota DPR RI Komisi X Hj. Herlini Amran MA, Anggota DPRD Provinsi Kepulauan Riau Suryani, SE, Lurah Batu Merah, Dra. Elfitri Gustati, Kepala Bagian Humas Pemko Batam Drs. Yusfa Hendri, M.Si, Ketua LPM, Ahmad Jazuki, pengurus BMT dan warga Batu Merah.

(crew_humas/nn)

foto lainnya**


NO COMMENTS