Home Siaran Pers STQ Kecamatan Dimulai Dari kecamatan Lubuk Baja

STQ Kecamatan Dimulai Dari kecamatan Lubuk Baja

0
254

HUMAS PEMKO BATAM Seleksi Tilawatif Qur’an (STQ) Ke-8 Tingkat Kecamatan Tahun 2019 dimulai dari Kecamatan Lubuk Baja. Dimulainya STQ ini ditandai dengan pemukulan bedug oleh Walikota Batam, Muhammad Rudi didampingi istri Marlin Agustina Rudi, Camat Lubuk Baja, Novi Harmadyastuti, Sekretaris Camat Lubuk Baja, Muhammad Ramadhan Zuhri, Anggota DPRD Kota Batam dan unsur Kecamatan Lubuk Baja Jumat (15/2) di halaman Kantor Camat Lubuk Baja.

Acara pembukaan STQ ke-8 Kecamatan Lubuk Baja diawali dengan penampilan deville dari lima kelurahan Lubuk aja. Pawai defille dibuka dengan penampilan peserta dari Kelurahan Lubuk Baja Kota. Dilanjutkan penampilan deville dari Kelurahan Batu Selicin, Kelurahan Kampung Pelita, Kelurahan Lubuk Baja Kota, Kelurahan Tanjung Uma dan Kelurahan Baloi Indah. Acara pembukaan STQ ke-8 Tingkat Kecamatan Lubuk Baja juga disejalankan dengan pelantikan anggota Dewan Hakim yang akan bertugas menilai penampilan peserta.

Selanjutnya Camat Lubuk Baja, Novi Harmadyastuti menyerahkan piala bergilir kepada Ketua Pelaksana Muhammad Ramadhan Zuhri. Piala bergilir merupakan piala baru karena piala sebelumnya telah menjadi piala tetap Kelurahan Tanjung Uma yang berhasil tiga kali berturut-turut menjadi juara umum STQ tingkat Kecamatan Lubuk Baja.

Ketua Pelaksana STQ yang juga Sekcam Lubuk Baja, Muhammad Ramadhan Zuhri menyampaikan STQ ke -8 Tingkat Kecamatan Lubuk Baja akan berlangsung selama tiga hari dari 15 sampai 17 Februari 2019 bertempat di Halaman Kantor Camat Lubuk Baja. Untuk pelaksanaan STQ Tingkat Kota Batam akan dimuiai pada tanggal 8 sampai 12 April 2019. Adapun tema pada pelaksanaan STQ Ke-8 Tingkat Kecamatan Lubuk Baja “Kita Bangun Generasi Yang Gemar Membaca Al quran Dalam Mewujudkan Masyarakat Kota Batam Yang Madani”.

“Kegiatan ini dalam rangka pengembangan dan menumbuhkembangkan pemahaman isi Al-Qur’an dan juga menjaring qori dan qoriah untuk ikut serta dalam STQ Tingkat Kota Batam,” jelasnya.

Adapun cabang yang diperlombakan pada STQ ke-8 Kecamatan Lubuk Baja berjumlah empat cabang, Cabang Tilawah Anak dan Dewasa, Cabang Hifzil Qur’an 5 juz, 10 juz, 20 juz dan 30 juz, Cabang golongan Bahasa Arab dan Cabang Baru Musabaqoh Hadist Nabi golongan 100 hadist dan 500 hadist.

“Total peserta dari lima kelurahan yang ikut serta dalam STQ berjumlah 66 orang dari Kelurahan Kampung Pelita 9 orang, Kelurahan Lubuk Baja Kota 15 orang, Kelurahan Batu Selicin 12 orang, Kelurahan Baloi Indah 16 orang dan Kelurahan Tanjung Uma mengirimkan 14 peserta,” urainya.

Walikota Batam, Muhammad Rudi dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh masyarakat di Kecamatan Lubuk Baja yang telah mendukung hingga terlaksananya STQ ini. Kepada Dewan Hakim yang sudah dilantik ia berpesan agar sportif dalam memberikan penilaian terhadap peserta STQ.

“Kita harus terus bersyiar, siapa lagi kalau bukan kita. Walikota terus membangun tanpa SDM yang handal tentu kita tidak bisa berbuat banyak,” ucapnya.

Kepada seluruh masyarakat yang hadir Rudi meminta agar berdoa untuk kemajuan Kota Batam. Sehingga pertumbuhan ekonomi Kota  Batam bisa mencapai 6 persen diakhir jabatannya. Katanya, ia bersama dengan Wakil Walikota Batam dan jajaran Pemerintah Kota (Pemko) Batam akan terus membangun Batam sehingga Batam menjadi kota yang maju baik dari segi ekonomi maupun pariwisata.

“Mari kita berdoa terus. Mungkin aka nada salah satu dari doa kita yang diijabah oleh Allah SWT. Sehingga ekonomi kita semakin membaik dari hari ke minggu, minggu ke bulan dan dari bulan ke tahun. Dari sisi rohani saya titip kepada Pemuka agama di Kota Batam. Yakinlah tidak akan lama lagi seizing Allah SWT pembangunan selesai dan Batam akan menjadi kota yang indah dan menjadi tujuan pariwisata dan investasi Bapak/Ibu,” katanya semangat.

Rudi juga menyampaikan bahwa Pemko Batam tengah membangun Masjid Sultan Mahmud Riayad Syah di Batu Aji. Masjid ini rencananya akan diresmikan pada September 2019. Secara langsung Rudi mengundang seluruh masyarakat Kecamatan Lubuk Baja untuk hadir bersama-sama menghadiri peresmian Masjid Sultan Riayad Syah dengan berpakaian putih-putih.(HP)

NO COMMENTS