Home Foto Sagulung, Batu Aji, Sei Beduk prioritas pembangunan Infrastruktur

Sagulung, Batu Aji, Sei Beduk prioritas pembangunan Infrastruktur

0
195

Batam – Masyarakat Perumahan Pluto, Taman Cipta Indah, dan Perumahan Yose di Kelurahan Tanjunguncang Kecamatan Batuaji begitu semangat bergotong royong, Minggu (4/10). Sampah-sampah serta rerumputan di fasilitas umum perumahan dibersihkan. Ranting-ranting pohon pun dipotong untuk memberikan kenyamanan bagi lingkungan tempat tinggal.

“Hari ini, kami masyarakat Batuaji di empat kelurahan mengadakan gotong royong dalam rangka menjaga kebersihan lingkungan sekitar sehingga tercipta lingkungan yang sehat,” kata Camat Batuaji, Rinaldi M Pane.

Warga Kecamatan Batuaji semakin semangat membersihkan lingkungan perumahannya ketika dikunjungi Wakil Walikota Batam, Rudi. Tak ayal kunjungan singkat tersebut dimanfaatkan untuk menyampaikan berbagai keluhan.

Masyarakat di Perumahan Pluto meminta bantuan pembuatan pagar pada sekeliling lapangan voli. Sementara masyarakat Perumahan Yose meminta bantuan Pemerintah Kota Batam dalam semenisasi jalan di perumahannya. Permintaan ini disampaikan langsung warga dengan mengajak Rudi berkeliling Perumahan Yose untuk melihat kondisi jalan.

Usai meninjau, Rudi meminta Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Kepala Dinas Tata Kota untuk mencatat semua permintaan warga. Dan ia menyampaikan kepada masyarakat Kecamatan Batuaji pada umumnya, bahwa pembangunan infrastruktur tiga tahun ke depan akan diprioritaskan di tiga kecamatan, termasuk Batuaji di dalamnya.

“Tiga kecamatan, Sagulung, Batuaji, dan Seibeduk akan mendapat prioritas. Infrastruktur akan kami (Pemko Batam) selesaikan meski tidak ada permintaan dari Bapak Ibu. Dalam tiga tahun mudah-mudahan seluruhnya selesai. Jadi Bapak Ibu bisa menikmati jalan yang indah seperti masyarakat di Batam lainnya,” ujar Rudi.

Ia menjelaskan, pembangunan infrastruktur diprioritaskan di tiga kecamatan ini karena di tiga kecamatan tersebut yang masih banyak belum selesai atau terpenuhi kebutuhan infrastruktur masyarakatnya.

“Diambil jangka waktu tiga tahun karena mudah-mudahan bisa selesai. Jadi nanti anggaran terbesar akan ke Dinas PU dan Tata Kota,” sambungnya.

Saat ini, kata Rudi, tim dari Pemko Batam sedang turun menginventaris kebutuhan pembangunan infrastruktur di tiga kecamatan tersebut. Selain mengumpulkan masukan dari masyarakat melalui lurah dan camat.

Selanjutnya Rudi juga meninjau pembangunan infrastruktur berupa pembanguan gerbang perumahan Kirana dan selanjutnya melihat drainase yang longsor di Perumahan Genta 3 Batu Aji, Rudi langsung membahas penyebab Longsor tersebut dan segera meminta camat dan instansi terkait segera memcari solusi perbaikannya.

Kepala Dinas PU Kota Batam, Yumasnur mengatakan tahun ini cukup banyak proyek pembangunan infrastruktur yang dilaksanakan di Batuaji. Di antaranya yakni peningkatan jalan SMPN 53 Taman Lestari Batuaji sepanjang 700 meter. Kemudian peningkatan jalan menuju SMPN 26 Batuaji 600 meter, peningkatan jalan Mukakuning Permai II RW 20 Kelurahan Buliang 500 meter, peningkatan jalan Perum Citra Pendawa Asri Batuaji 500 meter, dan peningkatan jalan menuju rusun Tanjunguncang sejauh 300 meter.

“Pembangunan jalan utama dilakukan oleh PU, sementara jalan lingkungan perumahan oleh Dinas Tata Kota. Jadi Bapak Ibu jangan terlalu khawatir tentang ruas jalan atau infrastruktur yang perlu dibenahi ke depan. Masukan dari Bapak Ibu memang diperlukan, di samping program yang sudah dijalankan Pemko,” tambah Yumasnur.

NO COMMENTS