Home Siaran Pers Safari Ramadhan Wawako Dengan Kandepag dan Jamaah Masjid Al-Muttakim di Nongsa

Safari Ramadhan Wawako Dengan Kandepag dan Jamaah Masjid Al-Muttakim di Nongsa

0
173

Jalin Silahturahmi dan Kerukunan Antar Umat Beragama

BATAM – Kegiatan Wakil Wali Kota Batam, Ria Saptarika pada Rabu (9/9) diawali dengan buka bersama di Kantor Departemen Agama (Depag) Kota Batam di Sekupang. Dalam acara sore itu, Ria juga bertindak sebagai penceramah menjelang waktu buka puasa. Kepala Kantor Depag Kota Batam, Kudri Syam menuturkan, acara buka puas bersama Wakil Wali Kota Batam, Ria Saptarika ini digelar untuk memperat tali silahturahmi antara Pemerintah Kota Batam dengan Kandepag Batam. Harapannya, silahturahmi dapat terus berjalan sehingga pembangunan spiritual di Kota Batam dapat berjalan baik.Begitu juga dengan kerukunan antar umat beragama tercipta dengan harmonis. Karena selama ini seluruh unsur agama termasuk Konghucu dapat bersinergi hidup berdampingan berkat adanya dukungan dari Pemerintah Kota Batam. Baik dari mulai bangunan fisik tempat ibadah maupun memfasilitasi bidang dakwah.

“Ini dibuktikan dengan berhasilnya Batam memenangkan kejuaraan MTQ tingkat nasional. Kedepannya dapat lebih ditingkatkan dalam rangka mengisi atau memperbaiki bidang keagamaan,” ujarnya. Kandepag Batam, mengajak Pemko Batam dan organisasi kemasyarakatan di Kota Batam untuk mewujudkan Batam sebagai bandar dunia madani.

Dalam ceramahnya Ria mengatakan Bulan Ramadhan adalah bulan diturunkannya Al Quran.Yang merupakan pedoman bagi manusia untuk membedakan antara yang haq dan bathil. Agma Islam merupakan agama yang sempurna, terbukti adanya hari Jumat yang diwajibkan bagi kaum laki-laki untuk melakukan sholat Jumat. Islam memiliki Bulan Ramadhan sebagai bulan ibadah bagi umat Islam yang mengandung unsur pelatihan dan pembinaan. Dan yang ketiga Haji, yang merupakan rukun Islam kelima sebagai kesempurnaan umat Islam.

Republika tahun 2005 tulisan seorang ilmuwan yang bernama Eep Saefullah Fatah mengatakan bahwa ada beberapa kekeliruan yang dilakukan umat Islam. Diantaranya, umat Islam terlalu reaktif tapi tidak proaktif. Menurut Ria dapat diartikan mempunyai semangat yang besar untuk melakukan perlawanan saat Islam di hina.

Tapi tidak antisipasi sebelum terjadinya penghinaan tersebut. “Umat Islam sering membuat perkumpulan atau organisasi tapi kurang pandai membuat jaringan. Karenanya struktur yang dibangun tidak solid,” ujar Ria. . Ria menutup ceramahnya dengan mengajak seluruh hadirin untuk senantiasa melakukan introspeksi diri dan memperbaiki ibadah. Usai buka bersama dan Shalat Maghrib berjamaah di Kandepag, rombongan safari ramadhan Pemko Batam melanjutkan kegiatan safari raamdhan di Masjid Al Muttaqin Kampung Melayu, Nongsa.

Dalam sambutannya Ria berharap Iktikaf yang warga lakukan mendapatkan ridho Allah SWT. Diakhir acara atas nama Pemerinta Kota Batam Ria memberikan bantuan untuk pembangunan masjid Al Muttaqin selanjutnya. Turut hadir Kepala Bina Program Ismeth Johar, Kepala Bagian Perlengkapan dan Aset Raja Kamaruzaman, Kepala Bagian Kesra Salim, Perwakilan Dinas Pariwisata, Dinas Kependudukan,Dinas Pekerjaan Umum Suratno dan Kepala Perpustakaan Aunar Karimsu.(crew_humas/dv/nn)

foto lainnya**


NO COMMENTS