Home Siaran Pers Rangkaian HUT Ke 62 Koperasi Tingkat Kota Batam Ditutup Dengan Upacara Dan...

Rangkaian HUT Ke 62 Koperasi Tingkat Kota Batam Ditutup Dengan Upacara Dan Apresiasi Buat Koperasi Berprestasi

0
183

BATAM – Rangkaian HUT Koperasi Ke 62 Tingkat Kota Batam yang diawali dengan penanaman pohon pelindung di kawasan Tanjung Piayu, Khitanan Massal di Tanjung Riau, Senam Massal di Jodoh Bolevard dan Pameran KUKM di Mega Mall dan terakhir upacara bendera dalam rangka HUT Koperasi ke 62 tingkat Kota Batam yang berlangsung tadi pagi (13/07/09) bertempat didataran engku putri Batam centre yang diikuti oleh berbagai instansi TNI, Polri dan KORPRI serta para pengurus Koperasi se Kota Batam.

Sekretaris Daerah Kota Batam, Agussahiman selaku inspektur upacara (Irup) dalam acara puncak peringatan hari Koperasi ke-62 tersebut saat membacakan sambutan Menteri Negara Koperasi RI mengatakan koperasi dapat menjadikan masyarakat mandiri dengan peningkatan pembukaan lapangan kerja. Salah satu indikasinya saat ini adalah terdapatnya Lembaga Keuangan Mikro (LKM) berbadan hukum koperasi. Bahkan jangkauan LKM telah merambah wilayah terpencil. Sehingga semakin banyak pembiayaan terhadap sektor UKM.

Tema Harkop Ke-62 pada tahun ini adalah  “Memantapkan Peran Gerakan Koperasi dalam  Dinamika Perubahan Global”. Dengan tema Harkop ini maka koperasi diharapkan akan mampu berperan lebih besar lagi dimasa mendatang dalam menghadapi perubahan global yang sangat dinamis.

Koperasi juga telah masuk ke perguruan tinggi dengan cara ikut memberdayakan masyarakat sekitarnya. Menurut menteri, sesuai data BPS 2008, jumlah koperasi di Indonesia meningkat secara kuantitas menjadi 155.000 unit. Peningkatan juga terjadi dari sisi anggota, pembagian sisa hasil usaha (SHU), dan besaran modal. Selain itu, jumlah koperasi berkualitas saat ini mencapai 52.000 unit.

Agussahiman menutup sambutannya dengan mengundang semua komponen Bangsa untuk dapat bersama-sama mengembangkan dan memperkuat kerjasama, kesetiakawanan, dan meningkatkan kinerja kolektif dalam semangat kebersamaan dan solidaritas.

Sementara Kepala Dinas PMP dan KUKM Kota Batam, H. Pebrialin, SE, M.Si selaku penanggung jawab seluruh rangkaian kegiatan hari Koperasi tersebut menyampaikan bahwa dengan semangat membangun gerakan koperasi berarti membangun ekonomi rakyat yang sejahtera, mandiri dan bermartabat bahkan menopang perkoperasian sebagai soko guru ekonomi rakyat sudah saatnya berperan dalam dinamika global di masa mendatang, ungkapnya disela-sela acara tersebut.

Masih menurut Pebrialin, Koperasi dewasa ini sudah menjelma sebagai salah satu kekuatan ekonomi rakyat yang tidak dapat diabaikan karena kualitas sumber daya manusia (SDM) semakin meningkat serta penerapan sistem manajerial yang semakin mapan. Bahkan berbagai upaya peningkatan koperasi berkualitas dilakukan lewat program pembinaan manajemen dan kualitas produk, skill, dan penciptaan jaringan usaha serta pemasaran yang diperankan oleh Pemerintah termasuk Pemerintah Daerah sudah mulai menampakkan hasil yang menggembirakan, pungkasnya lagi.

Bersempena dengan acara tersebut General Manager PT Telkom Batam dan Dirut PT Persero Batam memberikan bantuan untuk pembinaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Sekdako Batam, Agussahiman yang mewakili Walikota Batam beserta unsur Muspida diakhir acara juga memberikan penghargaan kepada koperasi yang berprestasi di Batam kepada 7 unit koperasi di Batam, diantaranya Kopkar Sekupang Logistik, Kopkar Citra Tubindo, Kopkar Shimano, Koperasi Tanjung Uncang Arta Terpadu (Kuat), Koperasi Nurul Islam, KPRI Sumber Rezeki SMPN 9 Sagulung, dan Koperasi Penambang Sampan dan Boat.

Selain itu, penghargaan juga diberikan kepada UMKM Kreatif, diantaranya kepada Hj Andi Ruaidah Ruslan pemilik kerajinan Bunga Gonggong, Tiurlena mengelola daur ulang limbah kain menjadi keset, Aisyah pemilik daur ulang limbah kemasan menjadi aneka tas, Ahmad Boreri mengelola aneka usaha Bunga Rosella, Asnawati pemilik banding Presto dan Bandeng Otak-otak, dan Nurcholis daur ulang Koran bekas menjadi vas bunga.

Penyerahan bantuan dana bergulir tahun 2009 kepada kelompok Koperasi penambang sampan dan boat dan Koperasi Maritim Bahari Indonesia, Usaha Ekonomi Desa- Simpan Pinjam (UED-SP) Mangsang Bersatu Kelurahan Mangsa dan UED-SP Duriangkang Berseri Kelurahan Duriangkang. Untuk kelompok UMKM diberikan kepada Ramidi memiliki usaha perbengkelan dan waserda Belakang Padang, Sukasno pengelola usaha kripik singkong Tembesi Sagulung  dan Dormat pemilik usaha kerambah dan kerupuk ikan Temoyong Bulang.

Dalam upacara tersebut, hadir pula unsur Muspida Batam, Asisten Pemerintahan, Asisten Ekbang dan Asisten Administrasi Umum, Kepala SKPD Kota Batam, Camat dan lurah se-Kota Batam, serta para anggota koperasi lintas instansi Pemerintah dan swasta yang mendapatkan penghargaan.

(*humas_crew/ttn&nn)

NO COMMENTS