Home Siaran Pers Puteri Indonesia Pelajari Sistem Pengelolaan Sampah di Batam

Puteri Indonesia Pelajari Sistem Pengelolaan Sampah di Batam

0
134

BATAM- Zukhriatul Hafizah, Puteri Indonesia Lingkungan 2009 berkunjung ke Batam, Jumat (21/5). Kunjungannya itu untuk mengetahui sistem pengelolaan sampah di Kota Batam. Untuk mengetahui proses pengelolaan sampah itu, Hafizah bersama rombongannya diterima oleh Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Batam, Azwan dan manajemen PT Surya Sejahtera Envirotech (SSET) di kantor PT SSET di Kantor eks DPRD Provinsi Kepri. Azwan didampingi Kepala Bagian Humas Pemko Batam, Yusfa Hendri, mengucapkan selamat datang kepada rombongan Puteri Indonesia Lingkungan 2009. Kepada Hafizah, Azwan menjelaskan pengelolaan sampah di Kota Batam telah dilakukan antara kerjasama pemerintah dengan pihak swasta. Azwan menjelasan pengelolaan dilakukan dari hulu ke hilir atau dari sumber sampah hingga ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Telaga Punggur. Sementara pemerintah hanya mengelola sampah yang ada di tempat-tempat tertentu.

“Kerjasama pemerintah dalam pengelolaan sampah dengan swasta ini pertama dan satu-satunya di Indonesia. Ini merupakan tahun pertama dan menjadi pilot project bagi KLH,” ujarnya.

Dari penjelasan yang disampaikan oleh staf ahli kebersihan, Amir mengatakan bahwa Batam memiliki visi misi untuk menjadikan Batam yang bersih, hijau, indah dan nyaman. Yang akan ditargetkan dapat tercapai pada tahun 2011 mendatang. Tak lupa Amir mengatakan bahwa Batam telah tiga kali berturut-turut memperoleh penghargaan Adipura dan pada tahun 2010 merupakan penghargaan Adipura yang ke empat dan kini masih dalam tahap penilaian. Pengelolaan sampah oleh pihak swasta ini telah dimulai sejak April 2009 lalu.

“Dengan sistem pengelolaan sampah oleh pihak swasta ini, Pemko bisa menghemat anggaran. Bahkan Pemko mendapat kontribusi ke PAD dari kerjasama ini yang mencapai Rp1,1 miliar per tahun,” ujarnya.

Setelah mendengar pemaparan yang disampaikan oleh pihak DKP, Hafizah mengaku kagum dengan sistem pengelolaan sampah di Kota Batam. Bahkan ia berjanji akan memaparkan hasil kunjungannya tersebut ketika ia berkunjung ke daerah lain sebagai perbandingan dalam pengelolaan sampah. Sebelum ke Batam, sebelumnya ia telah berkunjung ke Papua dan Lampung. Di Lampung ia mengunjungi hutan konservasi, untuk melihat langsung keindahan hutan tersebut. Pada bulan Juni dan Juli mendatang bersama dengan Departemen Kehutanan, ia akan mengikuti seminar global warning.

Menurutnya sistem pengelolaan sampah yang dilakukan oleh Pemko Batam merupakan awal yang baik dan bisa menjadi contoh serta bisa berkelanjutan. “Pengelolaan sampah di Kota Batam sangat positif sekali dan lebih baik dan alangkah lebih baiknya jika melibatkan masyarakat,” katanya.

Seluruh informasi yang diperolehnya dari kegiatan ini selanjutnya akan dilakukan observasi. Kemudian akan dicatat poin-poin penting untuk disampaikan ke setiap acara yang dihadirinya. Usai menggelar pertemuan dengan manajemen PT SSET dan Kadis DKP, Azwan, rombongan Puteri Indonesia Lingkungan 2009 bertemu dengan Asisten Ekonomi Pembangunan Kota Batam, Syamsul Bahrum di Lantai lima Kantor Walikota. Dalam kesempatan itu dibahas mengenai acara pekan Flora Flori yang akan diselenggarakan pada bulan Juli mendatang. Bahkan menurut informasi yang disampaikan oleh Silvia Handayani, Coordinator Puteri Indonesia, Miss Univers juga akan berkunjung ke Batam pada September mendatang. Di kantor walikota, Hafiza juga diterima oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Guntur Sakti dan Kepala Dinas Perhubungan, Muramis.

(crew_humas/dv)

NO COMMENTS