Sehingga saat Jamkesmas digunakan di rumah sakit, peserta tinggal menempelkan jarinya di computer. Jika benar peserta Jamkesmas maka dilayar computer akan tampil data lengkap peserta, tambah Ria. Langkah tersebut diambil dalam rangka memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat, dengan kemudahan untuk mendapatkan fasilitas kesehatan.
Ria menghimbau, kepada para Camat, Lurah dan Rt/Rw masing-masing daerah agar masyarakat diimbau segera memiliki NIP. Apabila saat pendataan bisa dengan mudah untuk memproses nya. Dengan adanya pendataan yang akurat dari data sebelumnya, maka kali ini setiap orang setiap Camat, Lurah, Rt/Rw, Disduk dan Dinkes, dll bisa sama-sama melihat akses dari NIP tersebut dengan Fotonya, Alamatnya. Dan kepada masyarakat bahwa kemudahan tersebut hendaknya dimanfaatkan sebaik-baiknya. Untuk pihak ketiga dan tim pengawas diharapkan melakukan pendataan dengan benar, tepat sasaran kepada yang berhak mendapatkan fasilitas tersebut. Proses ini memferivikasi yang artinya kita bisa membatalkan atau menambah data-data orang yang jadi Jamkesmas.
Menurut Kepala Dinas Kesehatan Mawardi Badar, mengatakan tujuan dari validasi data untuk peningkatan kualitas pelayanan informasi kepada pihak-pihak terkait. Pelaksanaan kegiatan valdamaskin dengan jasa pihak ketiga dalam hal ini PT Sucofindo melalui proses pengadaan barang dan jasa, yang sekarang dalam proses angka. Data yang digunakan berupa data primer dan sekunder. Data primer berupa informasi dari pengumpulan data masyarakat miskin di luar data awal (data sekunder). Data sekunder merupakan data Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Batam tahun 2008 yaitu 36.207 Rumah Tangga Sasaran.
Hasil dari data tersebut berupa pertama, dokumen dalam bentuk buku dan compact disc yang berisikan data lengkap masyarakat mulai dari foto, sidik jari, NIK dari SIAK (Maskin SIAK), kedua stiker berukuran kecil bertuliskan terdaftar sebagai Maskin SIAK 2009 sebagai bukti bahwa warga tersebut telah terdaftar ditempel di rumah warga. Ketiga hasil data maskin pada aplikasi SIAK di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Batam diberikan NIK melalui sinkronisasi aplikasi sidik jari sendiri. Keempat aplikasi sidik jari yang berisi grafis sidik jari bukan kode sidik jari tiap individu maskin. Kelima maskin/RTS yang akan diberikan program jaminan social dari Pemko Batam adalah yang terdaftar dan memiliki identitas penduduk Kota Batam (KK dan KTP Batam) Keenam buku laporan final yang akan diserahkan sebagai produk akhir pekerjaan.
Prediksi jumlah KK yang harus di data perhari oleh pihak ketiga yaitu data BPS dengan jumlah 36.207 KK yang harus di data dalam 60 hari, sehingga perhari diprediksi 604 KK yang di data. Sedangkan target validasi data masyarakat miskin Kota Batam tahun 2009 berjumlah 42.000 KK, maka di prediksi jumlah yang harus didata perhari dalam 60 hari adalah 700 KK.
Tim pengawas kecamatan untuk kegiatan tersebut sesuai draf SK Walikota Batam mempunyai tugas dan tanggung jawab memantau, mencatat, mengawasi dan melaporkan jalannya kegiatan Valdamaskin Kota Batam setiap hari selama pelaksanaan kegiatan. Tim tersebut bertanggung jawab dalam pengentryan data hasil identifikasi dan verifikasi setiap hari selama pelaksanaan kegiatan. Tim terdiri dari petugas pengawas lapangan terdiri dari 4 orang di setiap kecamatan yang dilengkapi dengan tanda pengenal. Seluruh pelaksanaan oleh para pengawas jasa pihak ketiga dibawah pengawasan para camat masing-masing. <wr-nn>
fotolainnya: