Home Siaran Pers Pemko Beri Bantuan Uang Untuk Korban Puting Beliung

Pemko Beri Bantuan Uang Untuk Korban Puting Beliung

0
287

HUMAS PEMKO BATAM – Pemerintah Kota (Pemko) Batam memberikan bantuan berupa uang kepada 72 korban yang rumahnya diterjang puting beliung. Untuk korban yang kondisi rumahnya rusak berat, Pemko memberikan bantuan senilai Rp5 juta dan untuk rusak ringan menerima bantuan Rp2 juta. Wakil Walikota Batam, Amsakar Achmad pada Senin (3/9) meninjau langsung korban kebakaran di Kelurahan Tanjung Riau Kecamatan Sekupang dan di Perumahan Jupiter Kelurahan Tanjunguncang Kecamatan Batuaji.

“Pada saat kejadian, Jumat lalu saya dan Pak Wali sedang berada di Jakarta. Begitu terima kabar ini kami segera perintahkan dinas terkait untuk follow up ke lapangan. SKPD teknis Dinsos, Cipta Karya, Damkar, Perkimtan kami suruh turun langsung ke lokasi untuk melakukan evakuasi dini,” ujar Wawako di lokasi.

Untuk korban puting beliung di Perumahan Tanjung Riau menurutnya sudah diselesaikan. Pertolongan pertama yang sudah diberikan berupa bahan makanan, selimut, tikar dan perlengkapan makan. Bantuan uang yang diberikan diharapkan bisa digunakan oleh masyarakat untuk membantu kerusakan rumahnya.

“Saya sudah minta lurah untuk mendata dan membuat proposal. Jika sudah direkap bari bisa diteruskan ke Dinsos untuk mendapatkan dana tidak terduga untuk menanggulangan bencana. Kita data sekaligus minta nomor rekeningnya, karena sekarang system non tunai. Secepatnya ini didata oleh camat dan lurah,” sebutnya.

Kini sebanyak 72 korban puting beliung sebagian ada yang tinggal di rumah tetangga dan saudaranya. Seperti salah satu korban di Perumahan Jupiter mengatakan sementara tinggal di rumah kosong yang disediakan oleh RT setempat. Kondisi rumahnya termasuk kategori rusak berat, karena seluruh atapnya rusak begitu juga dengan enam rumah lainnya.

“Alhamdulillah masyarakat tetap optimis dan kehadiran kami disini untuk menyemangati warga. Kondisi seperti ini pemerintah tetap hadir di tengah masyarakat. Tadi waktu di Tanjung Riau Alhamdulillah ibu-ibunya masih cerah semua,” katanya.

Turut hadir mendampingi Amsakar, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Yusfa Hendri, Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat, Hasyimah, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran, Azman, Camat Sekupang Arman.

Angin putting beliung juga memporakporandakan beberapa rumah di Perumahan Primagarden Kecamatan Batuaji, Jumat (31/8). Sementara di Kelurahan Tanjung Riau terdapat 59 rumah dan di Perumahan Jupiter terdapat tujuuh rumah yang diterjang putting beliung.(HP

 

NO COMMENTS