Home Siaran Pers Masyarakat Antusias Saksikan Pawai Ta’ruf MTQ III Tingkat Provinsi Kepri

Masyarakat Antusias Saksikan Pawai Ta’ruf MTQ III Tingkat Provinsi Kepri

1
287

* Piala Bergilir MTQ Diarak

BATAM– Rombongan kafilah dari Kota Batam mengarak piala bergilir Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) pada acara pawai ta’ruf yang digelar Sabtu (24/4). Pawai ta’ruf pagi itu diikuti oleh seluruh kafilah kabupaten/kota di Provinsi Kepri. Rombongan pawai ta’ruf dilepas oleh Wakil Gubernur Provinsi Kepri yang juga sebagai Ketua LPTQ Provinsi Kepri, H M Sani bersama dengan Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan dan Kepala Daerah dari Kabupaten/Kota yang ikut serta pada MTQ III Tingkat Provinsi Kepri. Iringan pawai diawali dengan penampilan Marching band dari Bahana Barelang disusul oleh ikatan motor gede Kota Batam. Kafilah yang berada pada berisan pertama adalah kafilah asal Kabupaten Kepulauan Anambas. Kafilah yang turut serta dalam pawai ta’ruf tersebut berjumlah 650 orang dan 25 diantaranya merupakan peserta. Kafilah dari Kabupaten Kepulauan Anambas terdiri dari kelompok rebana, Kepala SKPD Kepulauan Anambas, Camat dan lurah. Acara yang digelar di depan Hotel Nagoya Plaza ini menarik perhatian masyarakat Batam yang melintas.
Disusul dengan kontingen dari Kabupaten Bintan yang memamerkan dua unit kendaraan hias pada pawai itu. Diikuti dengan kelompok marching band yang membawakan lagu “Mars MTQ”. Jumlah kafilah yang turut serta dalam iringan pawai itu cukup banyak. Yang paling menarik dari Kabupaten yang dipimpin oleh Anshar Ahmad ini adalah bagi-bagi bunga telur. Pembagian bunga telur ini merupakan warisan budaya melayu dan kerap dilakukan dalam kegiatan keagamaan. Pembagian bunga telur ini sudah menjadi adat istiadat di daerah Bintan. Tidak hanya masyarakat yang menyaksikan pawai yang meneripa bunga telur, tapi juga Wakil Gubernur, Wali Kota Batam, beserta seluruh kepada daerah dari Kkabupaten/kota di Provinsi Kepri. Iringan pawai dari Kabupaten Bintan ditutup dengan penampilan dua sepeda yang berukuran tinggi.

Tidak mau ketinggalan, kabupaten Karimun mengajak kafilahnya yang berjumah 80 orang untuk mengikuti pawai ta’ruf tersebut. Tema yang diangkat oleh Kabupaten Karimun pada MTQ ini adalah “melalui MTQ III Tingkat Provinsi Kepri Tahun 2010 mari Kita berazam meraih prestasi yang gemilang”.  Rombongan kafilah terdiri dari anak pramuka, pelajar SMA, MA. Kontingen ini juga membawa bunga manggar. Yang menarik perhatian adalah rombongan kafilah dari Kabupaten Daik Lingga. Kendaraan dihias menyerupai replika Istana Damnah yang merupakan Istana kebanggaan masyarakat Kabupaten Daik Lingga. Peserta yang mengikuti pawai ini juga menampilkan kelompok Marching Band dan tari-tarian yang dibawakan oleh kelompok rebana dan majlis taklim.

Dilanjutkan dengan penampilan dari Kafilah Kabupaten Natuna yang menampilkan kendaraan hias dan iringan kafilah yang terdiri dari peserta, kelompok rebana. Pada urutan ke enam adalah iringan Kafilah dari Kota Tanjung Pinang yang merupakan Ibu Kota Provinsi Kepri. Tidak mau kalah dengan peserta pawai lainnya, kafilah asal Tanjung Pinang mengirimkan kafilah yang tidak kalah banyak jumlahnya. Terdiri dari iringan marching band, peserta, anggota Paskibra dan kendaraan hias. Pada barisan terakhir adalah iringan kafilah dari Kota Batam yang merupakan tuan rumah pada pelaksanaan MTQ III Tingkat Provinsi Kepri. Batam mengirikan 2 ribu orang peserta pawai. Pada barisan pertama adalah kendaraan hias dan diatasnya berdiri anggota Paskibra yang memegang Piala Bergilir MTQ Tingkat Provinsi Kepri. Disusul dengan iringan oficila, peserta dan ibu-ibu majelis taklim serta anggota Badan Kontak Majalis Taklim (BKMT) Kota Batam. Tidak mau ketinggalan, pihak kecamatan juga mengirimkan masing-masing perwakilannya untuk meramaikan pawai tersebut. Peserta pawai mulai start dari Simpang Lippo Bank. Bagi peserta pawai yang berjalan kaki akan finis di Penuin sementara untuk kendaraan hias finish di depan BCS Mall. Pada acara pawai tersebut hadir Wakil Wali Kota Batam, Ria Saptarika beserta istri, Sekretaris Daerah Kota Batam, Agussahiman beserta istri, Syamsul Bahrum, Asisten Ekonomi Pembangunan Pemko Batam, pejabat eselon II dan III di lingkungan Pemko Batam, serta pejabat daerah dari kabupaten/kota di Provinsi Kepri.**humascrew/*dv

1 COMMENT