Home Siaran Pers Disparbud Kembali Gelar Parade Tari Daerah Tingkat Kota Batam Dan Batam Culture...

Disparbud Kembali Gelar Parade Tari Daerah Tingkat Kota Batam Dan Batam Culture & Music Performance

2
251

BATAM – Untuk kesekian kalinya parade tari daerah yang mendapat sambutan sangat meriah oleh masyarakat Batam pada bulan April tahun lalu, kembali akan digelar di BCS Mall dibilangan Nagoya. Acara yang bertajuk mengangkat potensi budaya dan seni daerah sebagai embrio kebudayaan nasional tersebut akan digelar selama 2 hari dari tanggal 9 – 10 Mei 2009 yang akan datang.

Kepala Bagian Humas Pemko Batam, Drs. Yusfa Hendri, M.Si mengatakan perhelatan budaya tersebut sengaja digelar dalam pusat-pusat keramaian untuk membudayakan seni dan budaya Melayu sebagai perekat masyarakat Batam yang heterogen dan selanjutnya para pemenang lomba ini akan dipertandingkan dalam seleksi tari tingkat Provinsi dan Nasional, ungkapnya di ruang kerjanya.

Kepala Dinas Pariwisata, Raja Muchsin, SE, menyampaikan para pemenang lomba parade tari yang diikuti sekitar 7 sanggar tari yang berdomisili di Batam akan diikutkan dalam lomba parade tari tingkat propinsi yg akan di adakan pada tanggal 25 Juni di Tanjung pinang, katanya seraya memberi semangat kepada para peserta parade tari tersebut.

Penyelenggaraan parade tari tersebut juga sebagai tindak lanjut pembinaan terhadap para praktisi seni dan budaya khususnya budaya Melayu serta menjadi suguhan menarik bagi para wisatawan & mensukseskan Visit Batam 2010.

Adapun Sanggar tari yang akan bertanding seperti Sanggar Sri Setaman, Sanggar Medang Sirai, Sanggar Elang Perkasa, Sanggar Putri Selisih, Sanggar Sakti Lima, Sanggar Tuah Jemala, Sanggar Laksana Pulai yang kesemuanya ditekankan untuk membawakan tari garapan baru baik dari tampilan maupun musiknya.

Sementara pimpinan Sanggar Medang Sirai, Budi, mengatakan siap mempertahankan gelar juara pada tahun lalu tingkat Kota Batam serta sebagai wakil dari Provinsi Kepri untuk tingkat Nasional yang berhasil menyabet gelar untuk kategori Best Performance tahun 2008 yang lalu. Sanggar tari yang berlokasi di ruko taman duta mas tersebut berhasil menyaingi 12 peserta lainnya pada tahun lalu dengan membawakan tarian yang berjudul Bancu.
Sementara penentuan siapa yang terbaik dalam perhelatan seni dan budaya kali ini akan ditentukan oleh juri yang mempunyai kapasitas sebagai Koreografer Nasional seperti Drs. Suryaminsyah, Drs. Indra Maulana dan Andi.

Batam Culture & Music Performance Kedua

Sementara ditempat terpisah, Disparbud Kota Batam juga menggelar acara Batam Culture & Music Performance jam 19.00 wib bertempat di Ballroom Golden View Hotel.

Acara ini ditaja secara khusus untuk menyuguhkan aspek budaya Melayu dan penampilan musik Indonesia kepada para sekitar 500 orang wisatawan Singapura dengan menggandeng ASITA Batam. Penampilan budaya dan musik tersebut akan dimeriahkan oleh artis ibu kota pada dua era yaitu Emilia Contessa di era 70 an dan The Sisters (Shiren Sungkar & Zaskia Sungkar) di era 2000-an.

(*ttn)

2 COMMENTS

  1. Rumah Murah Batam
    Rumah Batam sangat mendukung program2 Visit Batam 2010. Karena Batam saat ini juga termasuk salah satu daerah tujuan investasi property paling menarik di Indonesia. Batam yang hanya berjarak 45 menit perjalanan dari Singapore dan 1 jam dari Malaysia adalah keunggulan kita. Memiliki property di Batam saat serasa memiliki Property di Singapore. Sukseskan Visit Batam 2010 !! & Silahkan Klik : Rumah Murah Batam
  2. Edy
    Pak camat kenapa buat KTP susah y.....? katanya warga indonesia harus wajib punya KTP kenapa saya susah ya kan saya tamat sekolah di batam...