Home Siaran Pers Camat dan Lurah se Kota Batam Ikuti Orientasi dan Pelatihan Manajemen...

Camat dan Lurah se Kota Batam Ikuti Orientasi dan Pelatihan Manajemen Administrasi

0
158

BATAM- Sebagai penyelenggara pemerintahan yang berada di bagian terdepan, seluruh lurah dan camat se Kota Batam mengikuti orientasi dan pembekalan di Hotel Vista, Selasa (23/3). Acara yang diselenggarakan oleh Bagian Tata Pemerintahan (Tapem) ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan manajemen administrasi camat dan lurah. Untuk memberikan orientasi dan pembekalan tersebut, Pemerintah Kota (Pemko) Batam mendatangkan nara sumber dari pusat. Dalam laporannya, Kabag Tapem, Heriman HK mengungkapkan bahwa masing-masing nara sumber akan menyampaikan materi yang berbeda-beda.

Melalui pencerahan ini, Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan yang membuka acara tersebut mengharapkan agar ada diskusi apa yang menjadi masalah krusial yang kerap dialami baik oleh camat mau pun lurah. Menurutnya ada dua permasalahan yang dihadapi oleh para camat dan lurah baik di mainland maupun hinterland. Untuk camat dan lurah di hinterland persoalan yang dihadapi yakni transportasi. Sementara untuk camat yang berada di mainland yang menjadi persoalan adalah lonjakan penduduk atau urbanisasi.

“Camat dan lurah adalah pegawai pemerintah yang berhadapan langsung dengan masyarakat. Seorang camat dan lurah yang baik, mereka akan mengetahui apa yang menjadi permasalahan ditengah masyarakat,” katanya.

Untuk kemajuan dan pembangunan Batam terdepan, camat dan lurah memiliki peran besar. Terlebih Batam menjadi andalan Bangsa Indonesia. Menjadi tugas bersama bagaimana agar investor berminat untuk menanamkan investasinya di Kota Batam. Batam selain telah memberikan kontribusi yang besar kepada pemerintah pusat, Batam juga memberikan kontribusi yang besar kepada daerah lain.

Melihat kondisi ini, Dahlan menitipkan kepada para camat dan lurah agar mereka memanage dengan baik di masing-masing wilayahnya. Pesan lain yang disampaikan Dahlan adalah, agar camat dan lurah menyukseskan pelaksanaan Pemilu Gubernur. Mengingat separuh penduduk di Provinsi Kepri berada di Batam, maka Batam menjadi tolak ukur untuk susksesnya pelaksanaan Pemilu Gubernur. Selain itu Sensus penduduk yang akan dilaksanakan pada Mei mendatang, Dahlan meminta peran serta dari camat dan lurah.

(crew_humas/dv)

NO COMMENTS