Home Siaran Pers Bazar Sembako Murah Kembali Digulirkan Untuk GAKIN

Bazar Sembako Murah Kembali Digulirkan Untuk GAKIN

0
215

BATAM – Untuk membantu kebutuhan warga kurang mampu di Kota Batam terutama menjelang Bulan Ramadhan , Natal dan Tahun Baru, Pemko Batam bakal menggelar Bazar Sembako Murah yang bersumber dari dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Batam tahun Anggaran 2009 yang bertujuan untuk memberikan bantuan sembako bersubsidi kepada keluarga miskin khususnya dan masyarakat kota Batam pada umumnya guna memenuhi sebagian kebutuhan pangannya dengan jumlah dan harga yang murah, dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan rumah tangga dan meringankan beban pengeluaran masyarakat menjelang Lebaran, Natal dan Tahun Baru.

Kegiatan Bazar Sembako Murah akan diumumkan pemenang lelang pekerjaannya melalui Layanan Pengadaan Sistem Elektronik (LPSE) Kota Batam dengan alokasi dana untuk belanja sembako kegiatan Bazar Sembako Murah tersebut sebesar Rp. 1.637.850.000,- (satu milyar enam ratus tiga puluh tujuh juta delapan ratus lima puluh ribu rupiah) untuk 44.750 paket sembako dengan besaran subsidi daerah mainland 36.750 paket. Untuk harga satua paketnya sebesar Rp. 36.600,- dan total untuk masyarakat mainland mencapai Rp. 1.345.050.000,- sedangkan daerah hinterland sebanyak 8000 paket dengan harga yang sama dan jumlah sebesar Rp. 292.800.000,- Tiap paket sembako terdiri dari beras kualitas super 5,5 kg, minyak goreng 2 kg, gula pasir 2 kg, dan tepung terigu segitiga biru kemasan 1 kg (total 10,5 kg/paket) dengan harga jual kepada masyarakat sebesat Rp. 50.000,- per paketnya.

Menurut Kepala Bagian Perekonomian Setdako Batam, Rudolf Napitupulu, AMP, pelaksanaan Bazar Sembako Murah dibagi dalam dua putaran, yaitu menjelang Lebaran dan menjelang Natal dan Tahun Baru, dimana setiap putaran dilakukan di 12 kecamatan. Putaran pertama rencananya akan dilaksanakan mulai tanggal 19 Agustus 2009 sampai dengan 15 September 2009 dan putaran kedua akan mulai tanggal 9 November 2009 sampai dengan 7 Desember 2009, ungkapnya disela-sela rapat koordinasi pelaksanaan kegiatan bazar tersebut.

Masih menurutnya, untuk menjamin kelancaran pelaksanaan Bazar Sembako Murah tersebut, pihaknya akan telah berkoordinasi dan melibatkan Camat dan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kota Batam sebagai antisipasi terhadap tingginya animo masyarakat membeli sembako tersebut, katanya lagi.

Adapun rencana pelaksanaan bazar sembako murah putaran pertama akan dimulai secara berturut-turut dari Kecamatan Batu Ampar sebanyak 2200 paket dengan pendistribusian 19 Agustus 2009, dua hari setelah itu tepatnya tanggal  21 Agustus giliran Kecamatan Bulang sejumlah 1200 paket dijual murah.

Sementara Kecamatan Bengkong dijadwalkan pada tanggal 24 Agustus dengan 2200 paket, 1400 paket untuk Kecamatan Batam Kota selang dua hari setelahnya. Selanjutnya Kecamatan Galang pada tanggal 28 Agustus dengan 1300 paket sembako murah, 1500 paket pada tanggal 31 Agustus didistribusikan ke Kecamatan Lubuk Baja, Kecamatan Batu Aji kebagian 2300 paket pada tanggal 2 September, Kecamatan Belakang Padang sebanyak 1500 paket pada tanggal 4 September, 2400 paket untuk Kecamatan Sungai Beduk pada tanggal 7 September, berikutnya tanggal 9 September giliran Kecamatan Nongsa dengan 1800 paket, Kecamatan Sekupang 1700 paket diberikan pada tanggal 11 September, terakhir Kecamatan Sagulung sebanyak 2875 paket didistribusikan pada tanggal 15 September. Secara keseluruhan acara bazar dimulai pukul 09.00 sampai dengan 16.00 sesuai jadwal masing-masing kecamatan.

Kepala Bagian Humas Pemko Batam, Drs. Yusfa Hendri, M.Si, menambahkan kebijakan Pemko Batam untuk mengalokasikan anggaran dalam APBD Kota Batam dengan dukungan DPRD Kota Batam sebagi bentuk respon terhadap kebutuhan masyarakat kurang mampu yang memasuki hari-hari besar seperti Hari raya Idulfitri, Natal dan Tahun Baru. Dengan terobosan terhadap peran pasar tersebut diharapkan kebutuhan pokok masyarakat kurang mampu dapat terpenuhi serta kenaikan harga sembako sebagai efek domino dari kebutuhan yang cukup tinggi dapat dibatasi dampaknya terhadap masyarakat kurang mampu, ungkapnya lagi.

Sementara untuk mengantisipasi penerima sembako murah dapat tepat sasaran, maka Bagian perekonomian telah berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait secara intens ke lapangan baik ke pihak Kecamatan dan Kelurahan sehingga program ini benar-benar tepat sasaran pada masyarakat yang benar-benar membutuhkan, katanya menutup keterangannya.

(humas_crew/ttn&nn)

NO COMMENTS