Home Siaran Pers Peringatan Hari Jadi Provinsi Kepri Ke-9 Tingkat Kota Batam

Peringatan Hari Jadi Provinsi Kepri Ke-9 Tingkat Kota Batam

0
128

Batam Turut Andil Dalam Kemajuan Provinsi Kepri

BATAM – Pemerintah Provinsi Kepri genap berusia Sembilan tahun pada 24 September ini. Di tingkat Kota Batam, peringatan Hari jadi Provinsi Kepri diperingati dengan menggelar upacara bendera pada Jum’at (23/9) dipusatkan di lapangan Engku Puteri.

Dalam upacara tersebut, Walikota Batam membacakan sambutan Gubernur Kepri, H. Muhammad Sani.  Dalam sambutan disebutkan semenjak Provinsi Kepri  berdiri, telah dilaksanakan berbagai program kegiatan pembangunan guna mengejar ketertinggalan dengan provinsi lain. Kemajuan yang telah dicapai Kepri antara lain pertumbuhan ekonomi setiap tahun tumbuh rata-rata 6,5 persen dan selalu diatas pertumbuhan nasional. Tingkat pengangguran pada 2010 sebesar 6,96 dibawah tingkat nasional yang sebesar 7,14 persen. Angka inflasi pada 2010 mencapai 2,48 persen juga masih dibawah Nasional yang sebsesar 2,69 persen. Indikator kesehatan juga menunjukkan perbaikan yang signifikan seperti angka kematian ibu melahirkan dan kematian bayi yang setiap tahun semakin menurun. Begitu pun dengan angka gizi buruk yang selalu mengalami penurunan.

Disamping keberhasilan pembangunan tersebut, masih juga banyak pekerjaan rumah yang harus segera dikerjakan antara lain bidang pendidikan dimana rata-rata penduduk Kepri hanya tamat SMP. Selain itu, tenaga guru terutama eksakta masih sangat kurang.

Walikota Batam Ahmad Dahlan selepas upacara menyampaikan, untuik Batam, banyak keuntungan yang diperoleh setelah pemekaran ini. Salah satunya mempercepat birokrasi. Sebelum, pemekaran, Batam memang sudah berkembang karena adanya Otorita Batam (OB) dalam sebagai pionir pembangunan Batam. “Batam bersama Bintan dan Karimun ditetapkan sebagai kawasan Free Trade Zone (FTZ). Hal ini sebagai strategi pembangunan Batam untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Dahlan menyebutkan, Batam sangat berkontribusi dalam pembangunan Kepri. Karena, Batam memiliki potensi ekonomi yang besar, juga angka angkatan kerja yang tinggi. “Tanpa Batam, belum tentu bisa ada Kepri,” jelasnya.

Setelah upacara,  Walikota Batam memberikan secara simbolis Al-Qur’an kepada para Camat se-Kota Batam. Hal ini sebagai simbol, Batam sebagai tuan rumah MTQ tingka Nasional pada 2014 mendatang. Kemudia  dilanjutkan dengan acara  ramah tamah di Aula kantor Walikota Batam yang di tandai dengan pemotongan nasi besar  oleh Walikota dan Wakil Walikota Batam yang diserahkan kepada tokoh masyarakat Batam Drs. Nyat kadir sebagai Walikota Pertama dan Taba Iskandar Ketua DPRD Kota Batam yang pertama yang juga merupakan tokoh sejarah pembentukan Provinsi Kepri.  Syukuran ini juga sebagai rasa syukuratas  kemajuan pembangunan di Provinsi Kepri khususnya di Kota Batam.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

(crew_humas/ev)

NO COMMENTS