Home Siaran Pers Batam Raih Pataka Pendidikan 2010

Batam Raih Pataka Pendidikan 2010

1
137

BATAM- Pemerintah Kota (Pemko) Batam menerima penghargaan Pataka Pendidikan Tahun 2010 dari Pemerintah Provinsi Kepri. Pataka Pendidikan tersebut diterima langsung oleh Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan pada acara malam apresiasi Pemerintah Provinsi Kepri bagi sekolah yang lulus 100 persen dan siswa peraih peringkat sepuluh besar untuk tingkat SMP/MI, SMA/MA dan SMK Tahun Ajaran 2009-2010 di Provinsi Kepri, Sabtu (5/6) di Hotel Pacific Palace. Batam, merupakan satu-satunya daerah dari tujuh Kabupaten/Kota di Provinsi Kepri yang berhasil meraih penghargaan tersebut. Penghargaan Pataka Pendidikan Tahun 2010 ini diberikan kepada Kota Batam, karena melihat prestasi pendidikan yang berhasil diraih Batam dalam dua tahun terakhir. Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam, Muslim Bidin mengatakan, dari tujuh Kabupaten/Kota se Provinsi Kepri, Batam merupakan daerah yang berhasil meraih prestasi terbanyak. Untuk tingkat SMP, jumlah siswa berprestasi sebanyak delapan orang dan untuk tingkat SMA ada sembilan siswa yang terbaik.

“Untuk tingkat SMP, Batam peringkat pertama se Provinsi Kepri. Sedangkan untuk tingkat SMA, Batam berada pada peringkat ke dua se Provinsi Kepri. Ini merupakan kebanggaan bagi Batam,” ungkap Muslim bangga.

Dalam acara tersebut juga disampaikan prestasi pendidikan yang berhasil diraih Kepri dalam dua tahun terakhir. Disampaikan bahwa indeks pembangunan manusia (IPM) 74,18 persen sementara angka rata-rata nasional 71,76 persen. Dengan demikian IPM Provinsi Kepri barada pada peringkat ke enam secara nasional. Sementara untuk hasil pendidikan selama tahun 2009-2010 di Provinsi Kepri, 78,37 persen sedangkan rata-rata nasional 53,70 persen dan Kepri berada pada urutan ke lima.

Malam anugerah ini merupakan yang ketiga kalinya diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Kepri. Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepri, Arifin Nasir yang hadir malam itu mengatakan acara ini bertujuan untuk memberi motivasi kepada tenaga pendidik. Disamping itu, untuk memberikan motivasi kepada siswa siswi di Provinsi Kepri agar lebih meningkatkan prestasinya. Pemprov Kepri juga memberikan penghargaan Purnabhakti 2010 kepada 100 orang guru se Provinsi Kepri. Selain itu juga pernghargaan kepada Kepala Sekolah yang berprestasi.

Penghargaan yang diberikan berupa uang pembinaan tersebut diserahkan kepada guru, masing-masing Rp3,5 juta. Bagi sekolah berprestasi, pemerintah memberikan uang pembinaan sebesar Rp5 juta untuk masing-masing sekolah dan kepada siswa siswi yang berhasil masuk sepuluh besar menerima penghargaan sebesar Rp2,5 juta per orang.

“Selama tahun 2007, 2008, 2009 dan 2010 ada peningkatan prestasi di Provinsi Kepri di bidang pendidikan yakni 2,70 persen,” katanya.

Dirjen Kementrian Pendidikan Nasional, Mansyur Ramli yang hadir pada malam itu mengatakan kebanggaannya atas pretasi yang diraih Pemprov Kepri terutama dibidang pendidikan.

(crew_humas/dv)

1 COMMENT