Home Siaran Pers Agenda FFI 2010 Diawali Workshop Di Turi Beach Resort

Agenda FFI 2010 Diawali Workshop Di Turi Beach Resort

0
120

BATAM- Suatu kebanggan bagi Kota Batam karena Komite Kerja Festival Film Indonesia (FFI) telah menetapkan penyelenggaraan rangkaian FFI di Batam. Penyelenggaraan FFI 2010 ini akan dilaksanakan pada 25 hingga 28 November 2010 mendatang. Mengawali pergelaran malam nominasi FFI 2010 ini, Kamis (25/11) dan Jumat (26/11) digelar Workshop dan pelatihan film di Turi Beach Resort selama dua hari. Workshop dan pelatihan film ini diikuti oleh 100 peserta yang berasal dari peminat film, sineas-sineas muda serta praktisi perfilman yang ada di Batam dan Kepri. Dalam kesempatan itu, Dirjen Nilai Budaya, Seni dan Film, Drs Cecep Suparman menyampaikan ucapan terimakasihnya karena Pemko Batam dan Pemprov Kepri telah setuju Batam sebagai tuan rumah penyelenggaraan FFI 2010.
Ketua Komite Film Indonesia, Niniek L Karim mengucapkan terimakasih kepada Pemprov Kepri dan Pemko Batam yang telah bersedia menjadi tuan rumah penyelenggaraan FFI 2010. Yang perlu diperhatikan saat ini menurutnya dalah pengangkatan budaya melayu dan produksi film lokal. Tentunya dengan mengangkat sejarah nenek moyang. “Angkat dan tekuni Gurindam 12,” ujarnya.
Pembukaan Workshop pagi itu dihadiri oleh Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan, Dirjen Nilai Budaya, Seni dan Film, Drs Cecep Suparman serta Daniel dari PT Kinema Systrans Multimedia dan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Batam, Guntur Sakti.

Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan dalam kesempatan itu juga menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada Kementrian Pariwisata dan Kebudayaan serta Ketua Komite Film Indonesia yang telah menggelar acara malam nominasi FFI 2010 di Kota Batam. Menurutnya, tahun ini Pemko Batam telah melaunching program Visit Batam 2010 dan tahun ini merupakan tahun kunjungan.

“Terimakasih telah memilih Batam sebagai tempat penyelenggaraan FFI 2010. Batam tidak hanya sebagai daerah industri, tapi juga tujuan pariwisata. Yang paling membanggakan adalah, Batam merupakan daerah heterogen dan penduduknya terdiri dari berbagai suku dan kebudayaan,” katanya.

Yang tak kalah gembira hari itu adalah Daniel, karena Turi Beach Resort sebagai tempat penyelenggaraan kegiatan workshop FFI. Menurutnya ini merupakan satu kebanggaan bagi Turi Beach. Katanya, berbagai macam pelatihan diberikan kepada peserta workshop. Pihaknya juga akan mengajak seluruh peserta workshop untuk melihat produksi vidio di studio Kinema Systrans Multimedia. Ia mengatakan bahwa industri animasi merupakan bagian dari industri perfilman.
“Di sini ada local wisdoms dan local genius yang bisa diangkat. Terimakasih kepada Kota Batam sehingga disini lahir studio yang memiliki reputasi internasional,” ujarnya.

Usai pembukaan workshop, pada malam harinya dilanjutkan dengan pemutaran film yang dilaksanakan di Regata Acellence. Adapun Film pendek yang akan ditayangkan pada hari pertama yakni, Tujuh Hati Tujuh Cinta, Tujuh wanita. Hari kedua berjudul, Suatu Pagi di Bandra Victory dan malam ketiga berjudul, Alangkah Lucunya Negeri Ini. Pemutaran film FFI 2010 ini ditujukan untuk mendekatkan berbagai produk perfilman nasional kepada masyarakat secara kolosal selama tiga malam berturut-turut. Pemutaran film selama tiga hari berturut-turut di Acellence Park, Kompleks Regatta Batam Centre mulai pukul 19.00 WIB tersebut akan dipaduserasikan dengan atraksi seni budaya, pameran dan bursa film, bazar dan hiburan pendukung lainnya.

Memeriahkan agenda nasional ini para artis ibu kota pun akan berkunjung ke Batam. Para artis akan datang pada Jumat (26/11) esok. Para artis yang tiba di Batam ini akan diarak untuk keliling Kota Batam. Parade artis juga akan digelar di enam mall besar yang ada di Kota Batam. Enam mall yang akan dikunjungi para artis ibu kota yakni Nagoya Hill, Batam City Scuare (BCS), Mega Mall, Panbil Mall dan Harbour Bay Mall. Para artis ini juga akan melakukan kunjungan sosial, bakti sosial dan menanam terumbu karang di objek wisata mangrove Pulau Abang, Galang Baru, Kota Batam pada Sabtu (27/11) pagi.

Pada hari yang sama, akan digelar acara Dashyatnya Batam di Plaza Megawisata Ocarina pada pukul 09.00 WIB. Acara yang dipandu oleh Olga dan Raffi Achmad ini akan disiarkan langsung melalui stasiun RCTI. Puncak acara Nominasi FFI 2010 akan dilaksanakan, Minggu (28/11) dengan suasana Sun Rise Beach Party di Plaza Megawisata Ocarina. Acara ini akan di kemas khusus oleh media partner dalam acara Dahsyatnya Nominasi FFI 2010 dan ditayangkan secara langsung oleh semua stasiun televisi nasional.

Acara yang akan dipandu tiga presenter kawakan yang sering muncul di layar kaca RCTI tersebut juga akan memberikan ruang khusus kepada para petinggi Negeri Batam dan Provinsi Kepri untuk mempromosikan daerahnya dalam acara tersebut.  Dahsyatnya Nominasi FFI 2010 tersebut juga terbuka untuk umum dan tidak dipungut biaya.(crew_humas/dv)

NO COMMENTS