Detik2 ProkalamsiDetik2 Prokalamsi (3)BATAM -  Peringatan HUT Ke 64 Kemerdekaan RI di Kota Batam digelar di bumi Hang Nadim Batam dengan berbagai even mulai dari bidang olahraga, kesenian, sosial, gerakan penghijauan sampai dengan upacara resmi untuk memperingati detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.  Harlah Negara Republik Indonesia tercinta tersebut telah dipersiapkan secara matang dengan melibatkan semua unsur baik Pemerintah Daerah, DPRD Kota Batam, Badan otorita Batam, Kejaksaan Negeri Batam, Pengadilan Negeri Batam, Poltabes Barelang, KODIM 0316/Batam, LANAL Batam sampai instansi vertikal yang ada di Kota Batam.
Beberapa even resmi sudah diselenggarakan sebelumnya terutama dibidang olahraga seperti pertandingan sepakbola di Belakang Padang, Pertandingan Bola Volly antar pelajar di Kota Batam, Lomba Lari Batu Ampar 10 Kilo dan Sea Eagle Boat Race yang akan digelar pada Jumat besok  (7/8/09).

Ketua Pelaksana Panitia HUT RI Tingkat Kota Batam, Drs. Buralimar, M.Si, mengatakan kepanitiaan HUT RI tingkat Kota Batam sebagaimana sudah ditunjuk dengan SK Walikota Batam  Nomor : Kpts.214/HK/VII/2009 tertanggal 1 juli 2009 terdiri dari semua unsur pemerintah, TNI dan Polri, unsur legislatif, serta instansi vertikal yang ada di Kota Batam yang telah mempunyai bidang tugas masing-masing sehingga seluruh rangkaian acara yang telah disusun dapat terlaksana dengan baik untuk menumbuhkembangkan rasa Nasionalisme bagi seluruh komponen bangsa serta memberikan penghormatan bagi para pahlawan bangsa kita, ungkapnya disela-sela pembukaan sepakbola di stadion Hang lekir belakng padang beberapa waktu yang lalu.

Kepala bagian Humas Pemko Batam, Drs Yusfa Hendri, M.Si, menyampaikan secara garis besar kepanitiaan dibagi dalam 3 bidang seperti bidang upacara, bidang olahraga serta bidang umum, kesehatan dan penerima tamu yang siap berkolaborasi mensukseskan penyelenggaraan setiap even yang sudah disusun jauh-jauh hari tersebut, katanya.

Beberapa even resmi dalam memperingati HUT ke 64 kemerdekaan RI tahun 2009 yang sudah dan akan digelar dapat dilihat dalam tabulasi lampiran kegiatan HUT RI tingkat Kota Batam.

Walikota Batam, Ahmad Dahlan, yang juga sudah melayangkan surat edaran Nomor : 582/TP/VI/2009 tertanggal 11 Juni 2009 tentang pedoman peringatan HUT Ke 64 Poklamasi kemerdekaan RI Tahun 2009 yang secara umum menegaskan thema dan logo HUT Ke 64 Proklamasi Kemerdekaan RI Tingkat Kota Batam.

Dalam edaran tersebut juga disebutkan bahwa pada tanggal 14 Agustus 2009, warga batam hendaknya dapat menyimak dan mengikuti pidato kenegaraan Presiden Republik Indonesia melalui media elektronik.

Hal yang tidak kalah pentingnya juga, Wako Batam menghimbau seluruh instansi pemerintah dan swasta, perguruan tinggi negeri dan swasta, Rumah Sakit pemerintah dan Swasta, Pusat perbelanjaan dan Mall, Toko dan rumah-rumah penduduk untuk melakukan pembersihan pekarangan masing-masing.

Selain itu juga untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan tersebut seluruh elemen masyarakat dapat memperindah lingkungannya masing-masing dengan melakukan pengecatan, pemasangan lampu hias, umbul-umbul bahkan Gapura dengan mengedepankan prinsip-prinsip kesederhanaan.

Pada tanggal 14 – 18 Agustus 2009, seluruh instansi dan komponen masyarakat Indonesia termasuk Batam diwajibkan mengibarkan bendera Merah Putih satu tiang penuh mulai pukul 06.00 wib pagi harinya sampai pukul 18.00 wib sore harinya.

Secara garis besar kegiatan dalam rangka HUT Pramuka yang merupakan event resmi tahunan, yang diselenggarakan bekerjasama dengan kwartir cabang Batam yang juga melakukan perkemahan selama 2 hari, dan biasanya pada puncak peringatan HUT Pramuka Tingkat Kota Batam, Walikota Batam memberikan semacam penghargaan khusus kepada pembina dan anggota pramuka yang dinilai memiliki dedikasi pembinaan dan prestasi yang membanggakan bagi daerah.

Pengukuhan PASKIBRA sebagai moment  paling penting yang akan diikuti oleh 75 orang pasukan pengibar bendera (Paskibra)  Kota Batam  yang terseleksi.  Pada pengukuhan ini, mereka akan diambil sumpah, dan pengambilan sumpah itu disaksikan oleh pejabat daerah , alumni Paskibra Kota Batam dan orang tua atau wali, dari masing-masing anggota pasukan pengibar bendera yang akan bertugas mengibarkan dan menurunkan bendera merah putih pada tanggal 17 Agustus 2008.

Pada malam hari sebelum upacara detik-detik proklamasi, Pawai Obor yang dikenal dengan istilah Taptu  ini merupakan pencerminan semangat dan nilai kejuangan bangsa Indonesia, saat merebut dan mengisi kemerdekaannya. Penyelenggaraan kegiatan ini melibatkan semua unsur dan golongan di masyarakat.

Setelah itu pada tengah malamnya akan digelar Upacara Renungan Suci yang tidak hanya sekedar memberikan penghormatan kepada arwah para pahlawan kusuma bangsa yang gugur pada medan perang, atau sekedar mengenang jasa atas pengabdian dia ketika masih hidup akan tetapi secara filosofis acara ini untuk mengingatkan kita bahwa perjuangan kemerdekaan itu belum usai dan masih panjang.

Peringatan Detik-detik Proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 2009 kali ini berbeda dengan upacara peringatan detik-detik proklamasi tahun sebelumnya, peringatan HUT-RI ke 64 tingkat Kota Batam akan di selenggarakan oleh Panitia HUT RI tingkat Kota Batam di lapangan parkir Sport Hall Temenggung Abdul Jamal Muka Kuning . Upacara ini akan diikuti oleh seluruh pejabat daerah, instansi vertikal, TNI/Polri, para pejuang veteran dalam wadah LVRI Batam, tokoh masyarakat, pelajar dan segenap komponen masyarakat Batam.

Setelah upacara tersebut, sebagai wujud kepedulian terhadap warga yang dibina dalam lembaga pemasyarakatan akan digelar acara pemberian Remisi oleh Presiden RI terhadap Warga Negara Indonesia (WNI) yang tengah menjalani hukuman di Lembaga Pemasyarakatan Kota Batam.

Pada sore harinya akan dilangsungkan Upacara penurunan Bendera Merah Putih penyelenggaraan kegiatan ini akan berlangsung sore menjelang waktu shalat maghrib, atau tepatnya sekitar pukul 06.00 Wib. Sebelumnya akan disuguhkan atraksi dari Marching band Bahana Barelang dibawah binaan Dinas Pariwisata Kota Batam. Pada upacara bendera penurunan bendera merah putih yang dikibarkan oleh pasukan pengibar bendera (Paskibra) Kota Batam.

Malam Ramah Tamah akan digelar pada malam harinya sebagai malam apresiasi untuk penyelenggara kegiatan HUT RI ini dikoordinir Otorita Batam ini, dan sebagaimana biasanya mengundang anggota Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) serta pemberian penghargaan kepada anggota Paskibra, Marching Band, Pejabat Daerah, Panitia HUT,  serta tokoh dan komponen masyarakat Kota Batam.

(humas_crew/ttn)