BATAM- Ratusan masyarakat Kecamatan Belakang Padang memadati Lapangan Elang-elang Laut, Senin (19/7). Pasalnya, pagi itu, Pemko Batam melalui Bagian Perekonomian Kota Batam mendistribusikan 800 paket Sembako Murah untuk masyarakat di Pulau Penawar Rindu itu. Bazar Sembako murah kemarin merupakan perdana dan langsung dibuka oleh Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan. Pelaksanaan Bazar Sembako murah putaran pertama ini akan digilir di masing-masing kecamatan dan akan berakhir pada Kamis (19/8) mendatang. Masyarakat dapat membeli paket Sembako murah dengan harga Rp50 ribu per paket. Paket Sembako tersebut terdiri dari beras super 5 Kg, gula pasir 2 Kg, dan 2 liter minyak goreng. Paket yang tadinya memiliki nilai jual Rp. 83.500; mendapatkan subsidi sebesar Rp. 33.500.

Disampaikan oleh Kabag Perekonomian, Rudolf Napitupulu, tahun ini total paket sembako murah yang disediakan oleh Pemko Batam berjumlah 19.200 paket dengan anggaran Rp604.800.000 pada APBD Kota Batam tahun 2010. Bazar Sembako murah ini dilaksanakan di daerah mainland dan hinterland. Untuk daerah mainland, paket yang disediakan sebesar 14.400 paket dan 4.800 paket untuk kawasan hinterland. Penetapan jumlah paket yang didistribusikan ini dihitung berdasarkan rasio jumlah penduduk menengah ke bawah yang terdapat disetiap kecamatan.

Masyarakat yang ingin memperoleh paket sembako murah ini dapat menukar dengan kupon yang telah disediakan oleh panitia, tentunya setelah membayar dengan uang sejumlah Rp 50 ribu. Melalui kegiatan Sembako murah ini, masyarakat dapat membeli dengan harga yang murah terutama dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan dan meringankan beban pengeluaran masyarakat terutama pada bulan Ramadhan, Idul Fitri, Natal dan Tahun Baru.

Yang menarik dalam pelaksanaan Bazaar Sembako Murah 2010 di Kecamatan Belakang Padang ini, Wako secara langsung turun ke lapangan ikut mendata masyarakat yang ingin membeli kupon sembako murah. Hal ini tentunya menambah minat dan animo masyarakat untuk turut serta dalam bazar ini.

Untuk kelancaran penjualan paket sembako murah, Bagian Perekonomian sebagai pelaksana bazar telah melakukan koordinasi dengan para camat dan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja. Koordinasi ini untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan pada saat pelaksanaan bazar mengingat tingginya animo masyarakat Batam.

Hadir pula dalam pembukaan bazar ini Camat Belakang Padang, Haryono, Kapolsek Belakang Padang, AKP R. Buntar, para Lurah serta tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh pemuda Belakang Padang. Bazaar sembako murah selanjutnya akan dilaksanakan pada Rabu (21/7) di Kecamatan Sei Beduk dengan menyediakan sebanyak 900 paket sembako murah dan disusul dengan kecamatan Galang pada hari Jumat (23/7) dengan menyediakan 800 paket sembako murah.

(crew_humas/bb)