Home Foto Ziarah Kubur dan Doa Bersama Dalam Rangka Maulid Nabi SAW

Ziarah Kubur dan Doa Bersama Dalam Rangka Maulid Nabi SAW

0
300

BATAM- Dalam rangka memperingati Maulid Nabi SAW1432 H, Wali Kota (Wako) Batam, Ahmad Dahlan bersama sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Batam melakukan ziarah kubur, Selasa (15/2) ke Taman Pemakaman Umum (TPU) Lama di Batu Besar, Nongsa. Wako beserta istri, Ny Mariana Dahlan berziarah ke makam almarhum H M Nur Bin Abdullah dan almarhum H Harun. Dalam ziarah yang dilakukan bersama dengan anggota keluarga almarhum H M Nur dan almarhum H Harun, dilakukan pembacaan Surat Yassin dan doa arwah. Sebelum pembacaan Surat Yassin dimulai, terlebih dahulu Amaludin yang merupakan anak dari almarhum H Harun dan cucu almarhum H M Nur menaburkan bunga rampai dan menyiramkan air ke dua makam tersebut, disusul oleh Wako dan istrinya.

Almarhum H M Nur merupakan salah satu ulama besar yang menyebarkan ajaran Islam di Kota Batam. Almarhum kelahiran Benut, Johor, Malaysia yang wafat pada usia 63 tahun. Wako mengatakan bahwa almarhum sangat berjasa dalam mengembangkan ajaran Islam khususnya di Batam. Oleh karena itu sebagai bentuk penghormatan untuk membalas jasa almarhum, maka pada peringatan Maulid Nabi ini dilakukan pembacaan surat Yassin dan doa bersama di makam almarhum.

“Beliau adalah salah satu ulama besar yang menyebarkan agama Islam jauh sebelum kita ada. Beliau ini lah yang menanamkan pondasi ajaran Islam di Batam. Jadi, untuk mengenang jasa beliau, hari ini kita berdoa bersama di sini,” sebut Wako.

Wako berharap kegiatan takziah dan ziarah kubur ini dapat menjadi tradiri di Kota Batam. Dalam pembangunan Batam, katanya perlu adanya nilai-nilai budaya dan agama, oleh karena itu perlu dilestarikan. Ia mengingatkan agar kita tidak lupa dengan nilai-nilai budaya. Batam boleh maju, namun tidak dengan melupakan nilai-nilai budaya dan agama. “Batam boleh menjadi kota metropolis yang maju dan berkembang, tapi nilai-nilai tersebut harus dipertahankan,” pungkasnya.

Rangkaian peringatan Maulid Nabi SAW dilanjutkan di Masjid Nurul Hidayah Batu besar. Peringatan Maulid Nabi di Masjid tersebut dihadiri oleh masyarakat Batu Besar dan sekitarnya. Wako mengatakan, dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad 1432 H mengingatkan kita akan hari lahirnya Nabi Muhammad. Melalui peringatan Maulid Nabi ini, kita dapat menjaga silahturahmi antar sesama dan menjadikan kita sebagai umat yang taat pada Allah SWT.

(crew_humas/dv)

NO COMMENTS