Home Siaran Pers Wawako Resmikan Gedung Kopontren An-Ni’mah Dapur 12

Wawako Resmikan Gedung Kopontren An-Ni’mah Dapur 12

0
717

BATAM– Wakil Wali Kota (Wawako) Batam, Ria Saptarika meresmikan gedung  Koperasi Pondok Pesantren An-Ni’mah,Selasa (13/4). Peresmian tersebut ditandai dengan pembukaan kain selubung Koperasi Pondok Pesantren An-ni’mah Dapur 12 Sagulung. Pembangunan gedung Kopontren An-Ni’mah ini didanai dari  Program Nasional  Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah melalui program Tempat Pelatihan Ketrampilan Usaha (TPKU). Untuk tahun 2009 ada dua Kopontren di Provinsi Kepri yang mendapatkan bantuan  yaitu Kopantren An-ni’mah Dapur 12 Batam dan Kopantren Miftahul Ulum Tanjung Pinang. Aryanto Rosyad, Ketua Pondok Pesantren An-Ni’mah Dapur 12  menjelaskan, dana hibah sebesar Rp200 juta tersebut dikelola pondok pesantren An-ni’mah  untuk  pembangunan gedung koperasi pondok pesantren An-Ni’mah seluas  12 x 7 meter dan pengadaan alat-alat usaha konveksi.

Selain untuk usaha konveksi, Kopontren An-Ni’mah ini juga membuka kursus menjahit, usaha minimarket, simpan pinjam syariah serta tempat pembayaran PLN dan ATB.  Untuk kursus menjahit tidak hanya bagi santri pondok pesantren namun ditujukan juga bagi masyarakat Dapur 12 terutama kaum ibu-ibu dan remaja. Untuk  tahap pertama ini kursus menjahit akan diikuti oleh 30 peserta dari santri dan ibu-ibu warga Dapur 12.

Kepada Dinas PMPKUKM Kota Batam, Pebrialin menjelaskan bahwa program TPKU pondok pesantren merupakan Program Nasonal Kementrian Koperasi dan UKM. Di Batam sendiri ada enam Kopontren, setelah  proses verifikasi hanya empat yang aktif dan diusulkan untuk mengikuti program ini.  Namun dari empat yang diusulkan  hanya satu yaitu Kopantren An-ni’mah yang berhasil mendapatkan program tersebut. Pebrialin berharap masyarakat kecamatan Sagulung terutama kaum ibu dapat memanfaatkan program-program kewirausahaan yang ada di dinas PMPKUKM Kota Batam seperti program Perkasa (program Keluarga Sejahtera).

Sementara itu Kepala Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kepri ir H. Amir Faisal  yang hadir pada peresmian tersebut mengatakan warga Dapur 12 patut berbangga karena Kopantren An- Ni’mah dapur 12 merupakan salah satu penerima bantuan dana pembinaan dari Kementrian Koperasi dan UKM pusat. Dikatakan Amir untuk mendapatkan dana ini melalui beberapa proses verivikasi yang ketat oleh tim dari pusat diantaranya kepengurusan Kopantren. Selain itu juga rapat anggota minimal satu kali setahun, Pondok pesantren tersebut Madrasah Aliah (setara SMA) yang memiliki sedikitnya 50 orang santri, berada di wilayah pedesaan dan survei langsung oleh tim kementrian Koperasi dan UKM.

Sebelum meresmikan gedung Kopantren An Ni’mah Wakil Wali Kota Batam  Ria Saptarika memberikan apresiasi yang tinggi kepada seluruh pengurus Kopantren An-ni’mah karena telah mengelola dan merencanakan kopantren dengan baik. Ria berharap Kopontren ini bisa semakin berkembang dan memberi manfaat bagi santri dan masyarakat sekitar.

Wawako juga berpesan kepada Pengurus Pondok pesantren untuk tidak melupakan tujuan utama Pondok pesantren untuk mencetak generasi yang islami yang nantinya dapat menjadi Ustad dan Ustadzah besar di Batam dan Kepri. “Tidak salah jika belajar kewirausahaan sejak di  lingkungan pesantren,” kata Ria.

Hadir dalam kesempatan tersebut Camat Sagulung, Zulkifli,KUA Sagulung, Lurah se Kecamatan Sagulung serta Tokoh masyarakat Dapur 12 Sagulung.

(crew_humas/yd)

NO COMMENTS