Home Foto Wawako Pimpin Upacara Sumpah Pemuda

Wawako Pimpin Upacara Sumpah Pemuda

0
183

BATAM – Pemerintah Kota (Pemko) Batam menggelar upacara sumpah pemuda ke-86, Selasa (28/10) di lapangan Engku Puteri. Wakil Walikota Batam, Rudi bertindak sebagai inspektur upacara.

Dalam upacara tersebut, Rudi membacakan amanat menteri pemuda dan olah raga Republik Indonesia. Menurutnya, momentum bersejarah ini telah membawa banyak perubahan bagi kehidupan berbangsa dan bernegara. Dia berharap semua pegawainya dapat mengambil hikmah dari peristiwa Sumpah Pemuda yang terjadi 86 tahun lalu itu. “Pemuda di zaman itu berani mengambil sikap, berani mengambil tindakan yang di zaman mereka mungkin tidak populer, tapi akhirnya membawa perubahan untuk bangsa kita,” katanya.

Dalam sejarah perjuangan bangsa, Hari Sumpah Pemuda merupakan momentum historis yang teramat

penting dan menjadi bagian tak terpisahkan dan mata rantai perjuangan bangsa kita. Bagi para pemuda

Indonesia, Sumpah Pemuda merupakan manifestasi dari kepeloporan dan kepeduliannya untuk mengangkat harkat dan martabat bangsa Indonesia menjadi bangsa yang mandiri dan sejajar dengan bangsa bangsa lain di dunia. Dengan segala kemajemukan bangsa Indonesia, Sumpah Pemuda merupakan momentum sejarah yang berhasil menyatukan tekad dan semangat seluruh komponen bangsa untuk melakukan periawanan terhadap kolonialisme dan imperialisme, yang pada akhimya berhasil mewujudkan suatu Negara Indonesia yang berdaulat adil dan makmur. Sumpah Pemuda telah membulatkan tekad dan semangat seluruh anak bangsa untuk berjuang dan tetap menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia dan pelbagai upaya rongrongan terhadap disintegrasi bangsa dengan tekad NKRI adalah Harga Mati.

Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-86 tahun ini mengangkat tema “Bangun Soliditas Pemuda Maju dan

Berkelanjutan”. Tema tersebut mengandung pesan bahwa kita berupaya agar para pemuda dapat

memainkan perannya secara optimal sebagai perekat persatuan bangsa dalam pembangunan naslonal.

Soliditas pemuda sangat penting artinya untuk mencapai kemajuan pemuda sebagai syarat utama kemajuan suatu bangsa. Jika pemuda solid maka bangsa kita akan semakin maju, kuat dan bersatu, sehlngga oembangunan dapat kita laksanakan secara lancar dan berkelanjutan.

Semangat para pemuda 86 tahun lalu harus terus menjadi obor penyemangat bagi pengabdian pemuda

Indonesia untuk bangsa dan tanah air tercinta. Keberhasilan generasi terdahulu menyatukan hati dan pikiran bangsa Indonesia harus diteruskan oleh para pemuda dengan menyakinkan harapan akan masa depan bangsa yang cemeriang.

Upacara diikuti Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Batam, Pemuda Pancasila, PNS Pemko Batam, Instansi Vertikal, serta perwakilan Pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) di Batam. Hadir dalam upacara tersebut, Ketua DPRD Kota Batam, Nuryanto, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) Batam serta pimpinan instansi vertikal.

NO COMMENTS