Home Siaran Pers Wawako Tinjau Korban Kebakaran Kampung Seraya

Wawako Tinjau Korban Kebakaran Kampung Seraya

0
145

BATAM– Hari pertama melaksanakan tugasnya sebagai  Wakil Wali Kota Batam (Wawako), Rudi SE meninjau lokasi kebakaran di RT. 03 RW. II, Kelurahan Kampung Seraya, Rabu (2/3).Sebelumnya Wakil Walikota mengikuti Rapat koordinasi SKPD di Kantor Walikota dan menghadiri Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan Nongsa di Kantor Camat Nongsa.

Tiba di Posko Kebakaran, Rudi disambut Camat Batu Ampar, Hendri, S.Sos dan Lurah Kampung Seraya, Arfandi, SSTP kemudian langsung menju tenda darurat pengungsi untuk meninjau kondisi para pengsi. Dihadapan seluruh korban kebakaran tersebut, Wawako menyampaikan rasa prihatinnya kepada korban kebakaran serta meminta warga untuk bersabar dan ikhlas menghadapi musibah ini.

Ketika ditanya warga mengenai  keinginan warga untuk kembali membangun rumah di lokasi yang sama, Wakil Walikota mengatakan akan berkordinasi terlebih dahulu dengan BP Kawasan untuk mengetahui status lahan tersebut. “Saya akan cek terlebih dahulu, seandainya belum dialokasikan saya siap memfasilitasi” ujar Rudi.

Camat Batu Ampar Hendri,  menjelaskan kebakaran di Kampung seraya ini terjadi pada sabtu lalu(26/2). Akibat kebakaran itu 74 unit rumah rusak berat, 2 unit rumah rusak sedang dan 1 unit rumah rusak ringan akibat dilalap api, dengan total kerugian diperkirakan sekitar Rp 600 juta. Dan sedikitnya 99 KK atau 367 jiwa harus mengungsi ke rumah saudaranya atau ke tenda darurat yang telah disediakan Pemko.

Selain menyediakan tenda untuk menampung korban kebakaran, Pemko Batam melalui Dinas Sosial dan Pemakaman Pemko Batam juga mensiagakan posko bantuan dan dapu umum. Dari posko tersebut terkumpul uang sumbangan dari para donatur sebesar Rp 17 juta. Sumbangan lainnya yang diterima yakni berupa sembako dan perlengkapan sekolah dari Dinas Sosial Provinsi Kepri. Selain itu ada juga sumbangan dari yayasan Budhi Suci berupa dana perjiwa sebesar seratus ribu rupiah, jelas Hendri.

“Uang sumbangan yang telah terkumpul akan dibagikan kepada pengungsi sebagai untuk menyewa rumah atau membeli bahan bangunan untuk membangun rumah” terang Handri

Camat Batu Ampar juga menghimbau kepada seluruh Masyarakat  Batam dan  donatur yang masih ingin menyumbang dapat menyalurkan bantuannya langsung ke posko,” tutup Hendri.(crew_humas/hw)

NO COMMENTS