Home Foto Wawako Lepas 412 Jamaah Haji Asal Batam

Wawako Lepas 412 Jamaah Haji Asal Batam

0
156

BATAM – Wakil Walikota Batam, Rudi melepas jamaah calon haji (JCH) Kota Batam 2015. Pelepasan ditandai dengan tepuk tepung tawar kepada perwakilan jamaah haji.

Ketua panitia, Abdul Somad mengatakan jumlah JCH Batam tahun 2015 sebanyak 412 orang. “Yang dibagi dalam dua kloter yakni kloter satu dan kloter 15,” katanya.

Menurut Somad, kloter 1 sebanyak 174 orang akan masuk asrama haji pada 24 Agustus, berangkat ke Madinah pada 25 Agustus. “Kembali ke tanah air pada 3 Oktober,” sebutnya.

Sementara  kloter 15 sebanyak 238 orang akan masuk asrama haji pada 7 September, berangkat ke Jeddah pada 8 September. “Kembali ke tanah air pada 17 Oktober,” masih kata Somad.

Beberapa kegiatan JCH kota Batam antara lain suntik meingitis, simulasi pelaksanaan haji dan pembinaan ketua regu (karu) dan ketua rombongan (karom) sudah dilaksanakan. Pemko Batam mengirimkan satu orang pendamping ibadah haji sesu kuota dari pemerintah pusat. “Pendamping ini yang akan mrndampunginpara kamaah asal Batam dari keberangkatan, pelaksanaan spa kembali ke tanah air,” paparnya.

Pemko Batam, sebut Somad melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Batam memberikan uang saku sebesar Rp.500 ribu untuk setiap jamaah. “Uang ini diserahkan selesai acara pelepasan jamaah haji,” akunya.

Perwakilan jamaah, Maswardi mengatakan terima kasih kepada pemerintah, baik Pemko Batam maupun Kementrian Agama yang telah memfasilitasi keperluan pada jamaah. Selain itu, ia beserta seluruh jamaah meminta doa restu dari seluruh masyarakat Batam. “Semoga kami pulang dengan selamat dan membawa predikat mabrur dan mabrurah,” katanya.

Kepala Kantor Kementrian Agama kota Batam, Zulkifli Aka mengatakan sampai tahun 2029 jumlah calon hajibyang sudah mendaftar sebanyak 7.076 orang. “Sesuai dengan peraturan menteri agama jamaah haji dapat mendaftar lagi setelah 10 tahun dan usia minimal mendaftar haji yakni 12 tahun,” katanya.

Zulkifli menjelaskan, beberapa hak calon jamaah haji yakni pengurusan paspor, menerima perlengkapan haji, bimbingan manasik, menerima biaya living cost sebesa 1.500 real, mendapat fasilitas kesehatan dari pemerintah Indonesia dan Saudi serta memprioritaskan jamaah lanjut usia umur 75 tahun keatas. “Tahun ini jamaah yang tertua 78 tahun dan yang termuda 22 tahun,” sebut Zulkifli.

Wakil Walikota Batam, Rudi mengatakan Pemko Batam dan masyarakt mendoakan para calon haji untuk menunaikan ibadah haji di tanah suci. “Minta kepada para calon haji asal Batam agar menjaga kekompakan dan jaga nama bak Batam,” katanya.

Rudi meminta para jamaah yg masih.muda dan kuat agar memperhatikan yang tua. Selain itu, Rudi juga berpesan para jamaah janganvtakabur dan sombong karena apapun bisa terjadi di tanah suci. “Keinginan pemerintah para tamu Allah ini pergi dengan selamat dan pulang dengan selamat,” imbuh Rudi.

NO COMMENTS