Home Foto Wawako Batam Buka Perkemahan Besar Pramuka

Wawako Batam Buka Perkemahan Besar Pramuka

0
268

BATAM – Praja Muda Karana (Pramuka) kwartir cabang Batam menggelar perkemahan besar hari pramuka ke-44. Wakil walikota Batam, Rudi selaku ketua kwarcab Pramuka Batam tampil sebagai inspektur upacara dalam acara pembukaan, Jum’at (28/8) di bumi perkemahan, Kabil Batam.

Kegiatan ini mengambil tema “Perkemahan Sebagai media pemersatu, silaturahmi dan kaderisasi kepemimpinan menuju Indonesia emas”. Perkemahan ini digelar selama 3 hari, Jum’at sampai Minggu, 28-30 Agustus 2015.

Tujuan perkemahan ini adalah sebagai sarana prmbinaan mental dan spritual, meningkatkan keterampilan pramuka serya memupuk wawasan kebangsaan para pramuka. Perkemahaan diikuti peserta pramuka golongan siaga, penggalang SD dan SMP dan penegak.  Jumlah 3125 orang ditambah 170 orang panitia dan 410 orang pembina. Selain itu peserta siaga akan mulai ikut pada Sabtu esok hari sebanyak 400 orang.

Para peserta akan mengikuti kegiatan yang dikelompokkan dalam beberapa regu dan akan mendapat materi pengetahuan umum, seni budaya dan lainnya.

Ketua kwarcab Pramuka Batam, Rudi mengatakan sangat mendukung acara ini. Kegiatan ini salah satunya dapat menumbuhkan kemandirian peserta. “Diawali kemandirian sendiri Lalu kemandirian secara kelompok dan lebih besar lagi,” katanya.

Rudi juga berpesan para peserta agar cepat beradaptasi dengan keadaan di bumi perkemahan. “Kalau mau kemana-mana jangan sendiri usahakan dua atau tiga orang sehingga cepat memberi informasi,” paparnya.

Kepada para pramuka yang mayoritaa pelajar, Rudi selaku Wakil Walikota berpesan agar anak-anak rajin belajar. Menurutnya ilmu pengetahu adalah bekal sebagai pemimpin di masa depan,” paparnya.

Pemko Batam, sebut Rudi menyediakan beasiswa bebas biaya kuliah bagi pelajar Batam yang berprestasi. “Bagi yang bisa diterima di lima universitas negeri terbaik di Indonesia lewat jalur undangan, Pemko Batam siapkan biaya kukiah sampai lulus,” sebutnya.

Lima universitas negeri tersebut yakni Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Gajah Mada (UGM) dan Universitas Padjadjaran (Unpad). “Berlaku bagi siapa saja tanpa melihat suku ataupun agama,” imbuh Rudi.

Diakhir acara pembukaan, Rudi meninijau tenda para peserta. Wawako disambut peserta dengan yel yel khas Pramuka.

NO COMMENTS