Home Siaran Pers Walikota Batam Hadiri World Cities Summit 2012

Walikota Batam Hadiri World Cities Summit 2012

0
129

SINGAPURA – Walikota Batam Ahmad Dahlan bersama 104 Walikota dari Negara-Negara Dunia maju serta 130 pemimpin perusahaan  dan organisasi non-profit mengikuti World Cities Summit (WCS) 2012 yang berlangsung mulai, Senin (1/7) hingga Rabu (4/7) di Sands Expo and Convention  Center, Marina Bay Sands, Singapura. Pertemuan Walikota se Dunia ini ini digelar  bersamaan dengan Pekan Air Internasional V Singapura (SIWW) dan Clean Enviro Summit Singapura.

Pada World Cities kali ini mengambil tema tema “Liveable and Sustainable Cities Integrated Urban Solutions”, World Cities Summit 2012. Pertemuan Walikota Dunia ini juga membahas bagaimana sebuah kota dapat membangun ketahanan dan meningkatkan kualitas hidup perkotaan dan lingkungan dengan mengadopsi solusi terpadu untuk tantangan yang semakin kompleks.

Dalam Mayor Forum WCS 2012 ini Kota Batam tergabung dalam group discussion “Ensuring a Sustainable Environment”  bersama 12 Kota di dunia yaitu Montreux (Swiss), Malmo (Swedia), South Kuching (Malaysia), Chiang Mai Province (Thailand), Cape Town (South Africa), Al Qassim (Saudi Arabia), Taichung (Taiwan), Singapore Central Distric (Singapura), Adelaide (Australia), Navotas City (Filipina), Taoyuan County (Taiwan), dan Ulanbaataar (Mongolia). Selain itu ikut tergabung beberapa perusahaan kelas dunia diantaranya Panasonic, Siemens dan Thane Municipal Corporation.

Dalam sesi grup ini Walikota Batam Ahmad Dahlan didampingi kepala Bappeko Batam, Wan Darussalam menyoroti beberapa tantangan yang dihadapi kota besar yaitu pertumbuhan penduduk yang pesat baik melalui urbanisasi dan angka kelahiran yang tinggi serta mengenai pemanasan global, penghematan  energi juga pemeliharaan dan pelestarian lingkungan. Dalam forum ini diharapkan terjadi sinergi dan kolaborasi perencanaan antar negara perlu diprogramkan disamping harapan dibentuknya forum serupa khusus dibidang ekonomi.

Dari Indonesia, selain Kota Batam,  yang diundang dalam Forum ini terdapat 5 kota lain yakni   Kota Makassar, Jakarta, Jambi, Palu dan Palembang. Selanjutnya World Cities Summit berikutnya akan digelar di Bilbao, Spanyol.

(Crew humas)

 

NO COMMENTS