Home Foto Wako : SMKN 2 Batam Harus Mampu Cetak SDM Bidang Pariwisata yang...

Wako : SMKN 2 Batam Harus Mampu Cetak SDM Bidang Pariwisata yang Berkualitas

0
471

BATAM – Sektor Pariwisata bagi Kota Batam merupakan salah satu sektor unggulan yang terus mendapat perhatian dari pemerintah Kota (Pemko) Batam dalam hal penyediaan, pengembangan,dan pemenuhan infrastruktur maupun Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang pariwisata. Hal itu disampaikan Walikota Batam, Ahmad Dahlan saat menjadi Pembina Apel Pagi di SMK Negeri 2 Batam, Senin (26/1).

“Kalian adalah anak-anakku yang sangat beruntung masuk ke SMK ini. Optimislah kalian, insya Allah kalian bisa memerankan peran penting dalam pembangunan Kota Batam ke depan,” tuturnya.

Di hadapan siswa-siswi SMKN 2 Batam, Wako berpesan kepada pelajar sekolah menengah kejuruan untuk tidak berhenti menuntut ilmu hingga ke jenjang yang lebih tinggi. Meskipun setelah lulus dari SMK, mereka berkesempatan untuk langsung terjun ke dunia pekerjaan.

“Semua jurusan siap pakai, insya Allah. Jangan pernah pesimis. Tapi sungguh pun kalian diterima di sektor tenaga kerja, jangan pernah surut cita-cita kalian untuk menjadi seorang sarjana,” pesan Dahlan.

Usai apel pagi, Wako bersama rombongan  meninjau langsung fasilitas sekolah kejuruan yang memiliki jurusan Perhotelan, Pariwisata, Tata Boga dan Akuntansi tersebut. Di sana, Wako dijamu layaknya tamu di hotel tempat latihan siswa, yang berlokasi di dalam lingkungan SMKN 2. Ia melihat langsung bagaimana siswa melakukan praktek kerja mulai dari penerima tamu di pintu masuk, meja resepsionis, pelayanan restoran dan lobi, hingga melihat bagian housekeeping merapikan kamar tamu. Dalam perbincangan dalam bahasa inggris, Wako menanyakan kepada resepsionis tentang tipe kamar serta fasilitas yang ditawarkan di hotel tempat latihan siswa tersebut. Dengan jawaban dalam bahasa inggris yang baik pula, siswa SMKN 2 yang bertugas di resepsionis tersebut berusaha menjelaskan secara rinci selayaknya menjelaskan pada tamu hotel.

Ahmad Dahlan sangat mengapresiasi kemampuan siswa siswi SMKN 2 Batam tersebut. Dirinya meminta lulusan dari SMKN 2 Batam harus mampu bersaing dan menjadi insan yang berkualitas. Dengan melihat sendiri sistem pendidikan di sekolah tersebut, ia yakin pelajar sekolah menengah kejuruan di Batam siap diserap dunia tenaga kerja.

NO COMMENTS