Home Siaran Pers Wako Serahkan DP4 Kepada KPU Batam

Wako Serahkan DP4 Kepada KPU Batam

0
155

BATAM – Walikota Batam Ahmad Dahlan menyerahkan data penduduk potensial pemilih pemilu (DP4) kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam yang diterima oleh Ngaliman, Kamis (7/2) di Lantai 5 Kantor Walikota Batam. Penyerahan DP4 disaksikan oleh Ketua DRPR Kota Batam Surya Sardi dan Ketua Panwaslu Kota Batam Suryadi Prabu. DP4 tersebut diserahkan serentak di seluruh Indonesia. Dalam kesempatan tersebut Dahlan membacakan sambutan Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi saat penyerahan DP4.

Selanjutnya, tugas KPU nanti melakukan pendataan penduduk yang masuk dalam DP4 yang akan dimutahirkan menjadi DPT (Daftar Pemilih Tetap). Basis DP4 adalah Data Agregat Kependudukan Kecamatan (DAK2) yang telah diserahkan sebelumnya oleh Walikota Batam ke KPU pada 6 Desember 2012, dengan jumlah penduduk Batam mencapai 1,6 juta jiwa. Dari jumlah penduduk itulah dipetakan jumlah pemilih potensial. Caranya cukup dengan menghitung jumlah rekaman data yang masuk ke e-KTP dan KTP SIAK yaitu 823.134 .

Penyerahan DP4 dari pemerintah kepada KPU merupakan bagian tahapan dalam penyelenggaraan Pemilu tahun 2014. Oleh karena itu Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah telah berupaya secara sungguh-sungguh untuk mempersiapkan Data Kependudukan dalam bentuk DP4 yang jauh lebih akurat. Hal tersebut merupakan perwujudan akuntabilitas dan aktualisasi dari kewajiban serta tanggung jawab moral Pemerintah untuk berperan dalam memperbaiki kualitas penyelenggaraan Pemilu.

Sebagai bagian dari proses penguatan dan pendalaman demokrasi serta upaya mewujudkan tata pemerintahan presidentil yang efektif dalam stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat yang terjaga secara kondusif. Seusai acara Dahlan menegaskan, bahwa setelah penyerahan DP4 tersebut, Pemerintah Kota Batam tidak akan menyerahkan data lagi kecuali jika diminta oleh KPU melalui surat tertulis kepada Pemko Batam.
Dahlan berharap data DP4 yang diserahkan benar-benar sudah dimutahirkan. Sehingga meminimalisasi kesalahan pendataan, agar KPU bisa lebih valid. DP4 yang diserahkan tersebut berbentuk compact disk sehingga sangat praktis untuk digunakan. Sementara itu, Ngaliman berharap Pemko Batam memberi dukungannya untuk ikut mensukseskan Pemilu 2014. Dari mulai tahap awal sampai dengan capai puncaknya pada Juni 2013. Dukungan tersebut dalam bentuk kepedulian para perangkat pemerintahan.

NO COMMENTS