Home Siaran Pers Wako Batam Resmikan Penggunaan 4 Kantor Camat dan 10 Kantor Lurah Se...

Wako Batam Resmikan Penggunaan 4 Kantor Camat dan 10 Kantor Lurah Se Batam

2
363

BATAM : Sebanyak 10 Kantor Lurah dan 4 Kantor Camat besok pagi ini (19/02) secara resmi penggunaannya diresmikan oleh Walikota Batam bertempat di Kantor Lurah Tiban Baru Kecamatan Sekupang. Keempat belas proyek fisik bidang Pemerinahan di  lingkungan Pemko Batam tersebut merupakan kegiatan yang dialokasikan pada tahun 2007 dan 2008.

Merujuk pada Peraturan Daerah Kota Batam Nomor 6 tahun 2005 tentang Pemekaran wilayah Kecamatan dan Kelurahan di Kota Batam, wilayah kecamatan dan kelurahan yang ada di Kota Batam dimekarkan dari 8 Kecamatan menjadi 12 Kecamatan dan dari 51 Kelurahan menjadi 64 Kelurahan yang sangat terkait dalam penyediaan dan upaya peningkatan pelayanan kepada masyarakat.

Seiring dengan pemekaran tersebut dalam rangka menjamin kelancaran penyelengaraan pemerintahan dan pelayanan publik di wilayah pemekaran tersebut diperlukan infrastruktur penunjang antara lain ketersediaan kantor dan peralatan inventaris lainnya yang sangat terkait dalam pelaksanaan tugas-tugas pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakat di tingkat bawah.

Pada tahun anggaran 2007, pembangunan 4 Kantor Camat hasil pemekaran sudah direalisasikan serta 6 kantor Lurah seperti  Kantor Camat Sungai Beduk, Nongsa, Batu Aji dan Bengkong serta 6 Kantor Lurah  seperti Galang Baru, Tanjung Buntung, Kibing, Mangsang, Sei Lekop dan Sungai Pelunggut yang dikerjakan oleh pihak ketiga dengan Kontraktor Pelaksana PT. Karsa Bayu Bangun Perkasa dan Konsultan Supervisi dilaksanakan oleh PT. Asyidah Konsultan.

Sementara tahun 2008, sebanyak 4 Kantor Lurah seperti Tiban Baru, Sungai Binti, Duriangkang dan Tanjung Sari yang dikerjakan oleh Kontraktor Pelaksana PT. Teramahkota Megah Kreasi dan Konsultan Supervisi dipegang oleh PT. Studian Tata Dinamika telah rampung dikerjakan dan siap pakai. Sisanya sebanyak 3 unit, sudah dianggarkan pada tahun anggaran 2009 ini.

Kantor Camat Sungai beduk mempunyai luas tanah sebesar 3000 m2,. Nongsa mempunyai sebesar 2250 m2, Batu Aji mempunyai sebesar 3000 m2 serta kecamatan bengkong seluas 3500m2 dan keempat bangunan tersebut mempunyai luas bangunan yang sama sebesar 1400 m2 dan luas bangunan rumah dinas yang sama pula sebesar 56m2. Kesemuanya Kantor Camat terdiri dari 3 lantai yang peruntukannya untuk lantai dasar dimanfaatkan untuk pelayanan masyarakat, lantai 2 digunakan untuk administrasi dan lantai 3 dimanfaatkan untuk gedung pertemuan.

Walikota Batam, Ahmad Dahlan dijadwalkan akan meresmikan 14 gedung proyek fisik bidang pemerintahan tersebut yang akan dihadiri oleh Wakil Walikota, Ria Saptarika, DPRD Kota Batam serta unsur Muspida Batam dan berbagai tokoh masyarakat di Batam.

Walikota Batam sebagaimana dalam beberapa kesempatan menegaskan bahwa peningkatan kinerja para pemberi layanan di garis terdepan seperti pegawai kelurahan dan kecamatan harus didukung dengan sarana dan prasarana yang memadai sehingga tidak ada alasan untuk tidak melayani masyarakat secara cepat dan akurat, ungkapnya dalam acara evaluasi pelaksanaan pemerintahan di Kota Batam bertempat  di kantor Walikota Batam kemarin (17/02).

Kepala Bagian Humas Pemko Batam, Drs Yusfa Hendri, M.Si, disaat meninjau persiapan acara peresmian tersebut mengatakan, setelah peresmian kantor Camat dan Lurah tersebut Walikota Batam selanjutnya akan menandatangani 14 prasasti bangunan kantor fisik tersebut sekaligus menggunting pita sebagai pertanda diresmikannya pemakaian 14 gedung tersebut di Kota Batam serta meninjau conter-counter pelayanan publik di kantor lurah Tiban Baru tersebut, katanya mengakhiri pembicaraan.

(*titan)

2 COMMENTS

  1. Arya
    mudah2an..dengan semaraknya pembangun fisik kantor Pemko Batam (Lurah dan Camat), pelayanan kepada masyarakat akan semakin di tambah lagi. saya ada pertanyaan : (maaf...menyimpang dari topik) apakah kantor Lurah Tiban Baru dan kantor Camat Sekupang melayani pembuatan KTP dan KK pada hari Sabtu ?? karena, hari senin s/d jum'at saya sibuk dengan kerjaan kantor, dan hanya hari sabtu baru bisa punya waktu kosong. terima kasih. ^_^
  2. Ariq
    Selamat kepada pemerintah kota batam yg telah meresmikan bangunan fisik berupa kantor lurah dan kantor camat.... semoga dengan d resmikan nya kedung kantor lurah/ camat pelayan d kecamatan dan kelurahan semakin Prima...