Home Foto Wakil Ketua I TP PKK Kota Batam Membuka Pelatihan Pengolahan Pangan

Wakil Ketua I TP PKK Kota Batam Membuka Pelatihan Pengolahan Pangan

0
181

BATAM – dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan berbasis bahan lokal Dinas Kelautan, Perikanan, Pertanian dan Kehutanan (KP2K) Kota Batam bekerjasama dengan Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Batam mengadakan pelatihan penerapan teknologi pengolahan pangan lokal tepat guna berdasarkan prinsip Beragam, Bergizi, Berimbang, Aman, dan Halal (3B-AH), Kamis (7/3) di The Hill Hotel, Nagoya. Wakil Ketua I TP PKK Kota Batam Ny. Marlin Agustina Rudi berkesempatan membuka acara tersebut.

Dalam sambutannya Ny. Marlin mengatakan makanan merupakan kebutuhan dasar manusia. Konsumsi pangan merupakan faktor penting dalam menciptakan masyarakat yang sehat, aktif, dan produktif.  Terpenuhinya pangan yang cukup baik jumlah maupun mutunya.  Tidak ada suatu jenis pangan yang memiliki nilai gizi yang dapat memenuhi kebutuhan gizi manusia, maka konsumsi pangan harus memenuhi kaidah pangan beragam, bergizi, berimbang, aman dan halal atau yang biasa disebut pangan 3B-AH.

Pangan 3B-AH tersebut dilakukan dalam rangka meningkatkan Sumber Daya Manusia dan pelestarian Sumber Daya Alam serta lingkungan. Perencanaan menu yang benar adalah sesuai dengan kaidah 3-B yaitu bergizi untuk setiap anggota keluarga, aman dan halal serta proporsional dengan kebutuhan gizi.  Selain itu juga disukai, murah dan mudah dalam mendapatkan bahan baku (pangan lokal),dalam pengolahan maupun penyajiannya.

Batam memiliki banyak pangan lokal dengan kandungan gizi yang beragam, akan tetapi pemanfaatannya menjadi olahan pangan yang menarik dan memiliki nilai jual kompetitif masih belum optimal.  Oleh karena itu diperlukan pelatihan penerapan teknologi tepat guna dalam pengolahan pangan lokal dengan memperhatikan prinsip pangan 3B-AH.  Hal ini menjadi salah satu upaya dalam rangka pencapain ketahanan pangan berbasis pangan lokal.
Sementara Iik Beti selaku ketua panitia mengatakan pelatihan tersebut bertujuan untuk meningkatkan pemahaman menu 3B-AH, dalam rangka meningkatkan kualitas hidup. Peserta pelatihan 30 orang dari anggota TP PKK kecamatan dan dari penyuluh pangan Dinas KP2K. Para pembicara dari konsultan pangan pusat Marina Nur Pratiwi, perwakilan Badan Ketahanan Pangan Provinsi Kepri Mitro dan dari Dinas Kesehatan Kota Batam Mardiani Nurdin.

NO COMMENTS