Home Foto Upacara Peringatan HUT RI ke-67 Berlangsung Khidmat

Upacara Peringatan HUT RI ke-67 Berlangsung Khidmat

0
309

BATAM – Upacara peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-67 tingkat Kota Batam, Jum’at (17/8) berlangsung khidmat. Upacara tersebut dipusatkan di lapangan Engku Puteri Batam Center dan dihadiri seluruh lapisan masyarakat Batam.

Bertindak sebagai inspektur Upacara, Walikota Batam, Ahmad Dahlan. Komandan upacara yakni AKP Faisal Syahroni. Pengibar bendera dari anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (PASKIBRAKA) Pelajar SLTA terbaik se-Batam.  Pembawa Baki yakni Alica Fatima, Pembawa bendera Subakti Eko Pratama, pengerek bendera Aditya Abdillah dan pembentang bendera Reyza Kusuma.

Peserta upacara terdiri dari 10 kompi yakni kompi  Yonif 134 Tuah Sakti;  kompi gabungan TNI;, kompi gabungan Polda Kepri; kompi  gabungan Polresta Bareleng, Satpol PP Batam, Ditpam BP Batam; Kompi Bea Cukai Batam, Imigrasi Batam, Damkar dan Damkar Batam; Kompi gabungan Dishub Batam, Kanpel/KPLP Batam dan Wanra Dim Batam; Kompi gabungan Linmas, PNS dan KORPRI Kota Batam; Kompi gabungan Menwa Batam, PPM Batam dan Pemuda Pancasila Batam; Kompi gabungan pelajar SMA, SMK dan pramuka serta Kompi Aubade.

Upacara bendera dalam rangka Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-67 itu dimulai sekitar pukul 10.00 WIB bertepatan dengan detik-detik pembacaan teks proklamasi oleh Presiden pertama Indonesia, Soekarno, pada 17 Agustus 1945. Detik-detik proklamasi ditandai dengan bunyi sirine selama satu menit.

Dilanjutkan dengan pembacaan teks proklamasi oleh Ketua DPRD Kota Batam, Surya Sardi, pembacaan do’a oleh Kepala Kantor Kementrian Agama Batam, Zulkiflii serta penaikan bendera merah putih.

Upacara ini dihadiri oleh unsur forum komunikasi pimpinan daerah, pejabat di lingkungan Pemko Batam, Anggota DPRD Kota Batam serta para veteran.

Setelah upacara bendera, Walikota Batam Ahmad Dahlan mengatakan, upacara kali ini berlangsung khidmat. Rangkaian upacara ini telah disesuaikan dengan protap pemerintah pusat.

Peserta upacara kali ini didominasi para generasi muda. Hal ini menunjukkan semangat nasionalisme dari para pemuda Batam sangat tinggi Momentum hari kemerdekaan ini diharapkan dapat memupuk semangat nasionalisme generasi muda. “Generasi muda hendaklah mengingat dan menghayati bagaimana para pejuang kita merebut kemerdekaan,” katanya.

Pemko Batam, sebut Dahlan, berharap kehidupan masyarakat Batam akan semakin baik. Dengan pertumbuhan ekonomi yang tinggi, harapannya masyarakat Batam semakin sejahtera. “Oleh karena itu, mari masyarakat Batam terus bekerja dan berkarya untuk hidup yang lebih baik,” paparnya.

Rangkaian peringatan HUT RI ke 67 tingkat Kota Batam dilanjutkan upacara penurunan bendera merah putih dilaksanakan pada hari yang sama, pukul 18.00 WIB dan malam resepsi pada pukul 21.00 WIB.

NO COMMENTS